Krisantus Kurniawan Resmi Nakhodai Gerdayak Kalbar


POTO : Seremoni pelantikan pengurus DPP Gerdayak Indonesia Kalimantan Barat (Ist)

PONTIANAK – radarkalbar.com

KRISANTUS Kurniawan S ip, M Si resmi menakhodai Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Indonesia Provinsi Kalbar.

Hal itu ditandai dengan digelarnya seremoni pelantikan kepengurusan DPP Gerdayak Indonesia Provinsi Kalbar, oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Gerdayak Indonesia Yansen A. Binti, MBA, berlangsung di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Selasa (29/3/2022).

Ketua Umum DPN Gerdayak Indonesia Yansen A Binti dalam sambutannya menegaskan Gerdayak bukan milik Kalimantan Tengah (Kalteng). Namun, sudah menjadi aset nasional.

“Gerdayak ini bukan milik Kalteng. Namun, saat ini sudah menjadi aset nasional. Bahkan menjadi aset kita semua,” ujarnya.

Dijelaskan, Gerdayak lahir 28 Mei 2010 lalu, dalam menghadapi Ibu Kota Negara (IKN) tentunya menjadi peluang yang harus ditangkap dengan meningkatkan kualitas, pahami dunia digital era 4.0.

” Gerdayak harus meningkatkan kualitas, pahami dunia digital era  4.0. Terlebih lagi dalam mendukung suksesnya IKN,” katanya.

Menurut Yansen, setiap ormas Dayak wajib dibawah koordinasi Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) dan Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi dan Kabupaten.

Sementara, perwakilan Pemprov Kalbar diwakili Staf Ahli Gubernur, Moses Tabah mengajak  Gerdayak Indonesia bisa bersinergi, bersama-sama membangun, mengisi pembangunan, membangun kebudayaan Dayak di Kalimantan Barat.

Ketua umum DPP Gerdayak Indonesia Provinsi Kalbar Krisantus Kurniawan mengatakan akan berusaha membesarkan Gerdayak, sehingga menjadi organisasi bermartabat, berintegritas, berdaya saing.

“Kedepan kita berusaha membawa Gerdayak menjadi wadah pemuda-pemuda Dayak bisa berkompetisi segala bidang, politik dan dalam segenap aspek, ” ungkap pria yang juga Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Ditambahkan, dengan adanya IKN, pemuda Dayak mesti harus siap menyambut hal tersebut.

” Kita mesti siap dengan daya saing, integritas.  Kemudian adat budaya harus diperkuat kedepannya, ”tegas pria yang terbilang cukup vokal ini.

Seremoni pelantikan pengurus Gerdayak Indonesia Provinsi Kalbar ini dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada sejumlah tokoh masyarakat Dayak di Kalimantan Barat.

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Sery Tayan.

Editor     : Sery Tayan

 


Like it? Share with your friends!