Atraksi Patahkan Besi Meriahkan Mande’ Bedel Keraja’ Keraton Tayan


FOTO : atraksi laskar Keraton Paku Negara pada momen pembukaan ritual Mande’ Bedel Keraja’ dan perang ketupa, pada Sabtu (12/8/2023).

Sery Tayan – redaksi

TAYAN HILIRI – radarkalbar.com

RANGKAIAN hiburan pembukaan Mande’ Bedel Keraja’ dan perang ketupat Keraton Paku Negara Tayan, Kecamatan Tayan Hilir, Sanggau, Kalbar cukup memukau.

Salah satu, yang tak kalah mengundang decak kagum yang menghadiri momen tersebut, tak terkecuali para Raja-raja se Nusantara adalah atraksi Laskar Keraton Paku Negara.

Dalam atraksi 4 orang secara bergantian mematahkan besi gagang pompa air yang terbuat dari besi, dengan cara menggunakan tangan. Sebaliknya, gagang pompa itu dipukulkan ke salah satu bagian tubuhnya.

Sebelum memulai atraksinya, para pesilat ini terlebih dahulu menampilkan tata olah nafas, untuk mengolah tenaga energi tubuh.

Dan kemudian mempergunakannya dalam mematahkan benda-benda keras tersebut.

Namun, yang tak kalah pentingnya, sebelum melakukan atraksinya ini, para pesilat tersebut memberikan hormat kepada para undangan yang menyaksikan atraksi mereka.

“Ini merupakan Laskar Keraton Tayan, jaringan dari perguruan Merpati Putih, asuhan guru Panglima Besar Kerajaan Kubu. Ya, guru Iskandar,” terang Serda Rudiansyah usai atraksi.

Sebagai informasi, Laskar Keraton Paku Negara ini, beranggotakan 25 orang, dengan pembina Serda Rudiansyah, kemudian diketuai Asmiadi (Bang Edi Mas), serta dibantu relawan Koramil 1204-07 Tayan Hilir.


Like it? Share with your friends!