Jenazah Eril Ditemukan


FOTO : Emmeril Khan Mumtadz semasa hidupnya (Ist)

JAKARTA – radarkalbar.com

SETELAH dilaksanakan pencarian, akhirnya jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, ditemukan setelah tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss. Jenazah Eril, sapaan Emmeril, ditemukan di Bendungan Engehalde.

“Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50, polisi wilayah Bern dilaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di Bendungan Engehalde di Bern,” demikian laporan keterangan Polisi Bern, Kamis (9/6/2022) seperti dilansir siberindo.co jaringan radarkalbar.com

“Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa korban tewas adalah WNI yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022. Lelaki berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, pencarian Eril sudah berjalan dua pekan lebih. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengungkap ada progres terkait pencarian Eril.

Duta Besar RI di Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad, lewat siaran konferensi pers via Zoom, Kamis, menyampaikan kronologi penemuan jenazah Eril.

Rabu, 8 Juni

– Pukul 06.50 waktu Swiss (11.50 WIB): Kepolisian Bern menemukan jenazah diduga Eril.

– Kepolisian Bern menyampaikan informasi ke pihak KBRI Bern dan keluarga Ridwan Kamil di Swiss.

– Tim forensik kepolisian mengidentifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad itu adalah jasad Ananda Eril.

Kamis, 9 Juni
– Siang waktu Swiss: Polisi mengonfirmasi, berdasar tes DNA jenazah yang ditemukan tersebut adalah jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril putra Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

– Pukul 13.45 siang waktu Swiss: Polisi Bern merilis keterangan resmi soal penemuan jenazah.

– Pihak kepolisian menyampaikan berkas ke pengadilan untuk serah terima jenazah Eril ke keluarga Eril.

– Siang hari, pihak pengadilan memberikan kewenangan bagi keluarga untuk menerima jenazah Eril.

“Untuk selanjutnya, KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam pengurusan repatriasi ananda Eril ke Tanah Air,” kata Dubes RI di Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad.

KBRI Bern memastikan akan mengawal proses pemulangan jenazah Eril hingga ke Indonesia.

“Untuk selanjutnya KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi ananda Eril ke Tanah Air. KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia,” kata Dubes RI di Bern, Muliaman Darmansyah Hadad, dalam konferensi pers virtual.

“Setiba di Jakarta nanti Direktorat perlindungan warga negara Indonesia Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi kedatangan rombongan di Bandara Soekarno-Hatta,” ucapnya.

Ridwan Kamil telah mengajukan cuti untuk terbang ke Swiss. Kapuspen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan mengungkap alasan Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengajukan cuti untuk pergi ke Swiss selama 11 hari. (*)


Like it? Share with your friends!