Ketua Dewan Pers : SMSI Mesti Terus Mengembangkan Jurnalisme Pancasila


FOTO : KETUA Dewan Pers Prof. Dr. Azyumardi Azra saat menyampaikan sambutan pada Rapimnas SMSI (red)

Editor/Pewarta : Tim redaksi

JAKARTA – radarkalbar.com
KETUA Dewan Pers Prof. Dr. Azyumardi Azra meminta seluruh pengurus dan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) mengembangkan jurnalisme Pancasila.

“Pers sangat berperan penting dalam menumbuhkan optimisme masyarakat, mendorong persatuan, dan mendamaikan bangsa.

Untuk itu, hendaknya SMSI terus menerus mengembangkan jurnalisme Pancasila,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan pada rapat pimpinan nasional (Rapimnas) SMSI pada Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), terletak Jalan Juanda Jakarta Pusat, pada Kamis (21/7/2022).
Azyumardi Azra menjelaskan jurnalisme berketuhananlah yang menumbuhkan persaudaraan dan toleransi. Sehingga berita-berita yang disajikan selalu berpijak pada kebenaran.

Media siber, dapat menjangkau orang dan dapat mengajak warga berpartisipasi yang bermakna untuk mewujudkan democracy deliberative. Gagasan dan pemikiran tentang keindonesiaan banyak tersebar dimana-mana,” ujarnya.
Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu mengatakan bahwa rakyat Indonesia harus bersyukur memiliki Pancasila yang menjadi penyelamat kehancuran, sebagaimana yang dialami oleh negara-negara muslim di Timur Tengah. Dalam berbagai kesempatan, Azyumardi menegaskan pers sangat berperan dalam menjaga keutuhan dan kesatuan sosial.
Oleh karena itu, pers harus menghindari isu-isu yang dapat memecah belah bangsa.

‚ÄúPers jangan ikut membuat kegaduhan terlebih lagi menjelang Pemilu 2024 nanti. Pers sebaiknya menghadirkan narasi yang tidak memecah-belah. Pilih diksi yang menyejukkan,” kata dia.


Like it? Share with your friends!