Bupati Sekadau Hadiri Pembukaan Rekoleksi Pemimpin Umat


FOTO : Momen berpoto bersama usai pembukaan rekoleksi Pemimpi Umat, di Gedung Kateketik, Sekada [doni]

Doni – radarkalbar.com

SEKADAU – Bupati Sekadau, Aron S.H menghadiri rekoleksi Pemimpin Umat Gereja Katolik, berlangsung di Gedung Kateketik Sekadau, pada Jumat, (9/8/2024).

Rekoleksi Pemimpin Umat Gereja Katolik ini mengusung tema “Memahami dan Menghidupi Liturgi Dalam Hidup Menggereja”.

Kegiatan ini, dibuka Uskup Keuskupan Agung Sanggau, Mgr. Valentinus Saeng, CP. Dan dihadiri Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau P. Martinus selaku ketua Dekenat, Pastor pParoki pada 7 kecamatan, serta para pemimpin umat se-Dekenat Salib Suci Kabupaten Sekadau.

Acara seremonial dengan prosesi adat bepomang ala sub suku Dayak Mualang dari Sungai Antu, Belitang Hulu dan tarian piring. Selanjutnya misa pembukaan rekoleksi yang dipimpin Mgr. Valentinus Saeng, CP didampingi imam lainnya.

Pemimpin umat adalah ujung tombak pewarta Injil katolik, mereka dengan rela hati bertugas memimpin umat di kampung-kampung, guna untuk pemberdayaan masyarakat di stasi-stasi diharapkan serta pemimpin umat akbar dengan Alkitab.

“Atas nama Pemkab Sekadau saya mengucapkan selamat datang kepada pemimpin umat dari seluruh pelosok daerah Kabupaten Sekadau. Ini agenda pertama kalinya diadakan di Sekadau, program para pastor Dekenat untuk memberikan pencerahan dan motivasi,” paparntya.

“Kami mengetahui pemimpin umat memiliki tantangan di tempat masing-masing. Ini menjadi harapan gereja di masa yang akan datang, motivasi mengahadapi dunia yang semakin berkembang,” ujarnya.

“Selama 20 tahun Sekadau menjadi kabupaten, pembangunan gereja berkembang pesat, hampir setiap tahun kita memberikan bantuan kepada gereja,” terangnya.

Sementara, Uskup Sanggau, Mgr. Valentinus Saeng berterima kasih kepada Pemkab Sekadau, hampir setiap tahun memberikan hibah untuk gereja katolik sebanyak Rp 10 miliar, untuk pembangunan gereja, aula dan kegiatan-kegiatan, dan solidaritas dari keuskupan, namun porsi besar itu dari pemkab

“Untuk tahun 2024 ini, kita tekankan materi seminar terkait liturgi. Kedepannya di setiap gereja ada musik liturgi dan lagu-lagu liturgi,” ucapnya.

Selanjutnya, Ketua Dekenat P. Martinus mengatakan betapa pentingnya rekoleksi ini sebagai bentuk karya sosial.

“Kami memberikan pendampingan dalam meningkatkan pelayanan pemimpin umat sebagai tokoh agama,” ucapnya

Berikut jumlah peserta yang hadir :

1. Paroki kota Sekadau 48 peserta
2. Paroki Monumental 49 peserta
3. Paroki Rawak 45 peserta
4. Paroki Nanga Taman 71 peserta
5. Paroki Nanga Mahap 41 peserta
6. Paroki Sungai Ayak 45 peserta
7. Paroki Balai Sepuak 23 peserta

“Pentingnya peserta ikut rekoleksi agar lebih akrab dan kenal satu sama lain, kegiatan ini terlaksana berkat dukungan 100 persen dana dari Pemkab Sekadau,” cetusnya.


Like it? Share with your friends!