Tinjau BBI, Wabup Sekadau Pastikan Segera Berfungsi


POTO : Wakil Bupati Sekadau didampingi Kepala DKPPP dan Ketua Komisi II DPRD Sekadau saat meninjau bangunan BBI (Tarjo).

radarkalbar.com, SEKADAU- Baru dua hari menjabat sebagai Wakil Bupati Sekadau, Subandrio SH. MH langsung “injak gas”. Satu diantaranya yang dikunjungi, untuk segera difungsikan ialah Balai Benih Ikan (BBI) yang terletak di wilayah Kemawan, pada Kamis (29/4/2021).

Tampak mendampingi orang nomor dua di Bumi Lawang Kuari ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perkebunan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Drs, Sandae dan Ketua Komisi II DPRD Sekadau Yodi Setiawan,S Sos.

Menurut Wakil Bupati Sekadau, Subandrio sudah saatnya BBI akan dibenahi, tujuannya agar berfungsi sebagai mana mestinya. Sebab BBI nanti akan menyediakan bibit ikan bagi masyarakat sebagai wujud dari pencapaian visi dan misi Kabupaten Sekadau yakni Infrastruktur, Perkebunan, Pertanian Perikanan dan Kesehatan (IP3K).

“Kita akan benahi semua, baik infrastrukturnya, sarana didalamnya misalnya bedeng kolam sudah banyak yang rusak, termasuk pagar, dan lain-lain,” ujarnya.

Ditambahka, BBI merupakan urat nadi bagi masyarakat untuk memperoleh bibit ikan. Jadi kalau bibit bisa didapat dengan mudah.

” Nah, maka hal ini akan jadi pemicu bagi masyarakat yang hendak mengeluti usaha peternak ikan,” timpalnya.

Sementara, Kepala DKPPP Sekadau, Sandae mengatakan, kurang terpeliharanya BBI milik pemkab Sekadau penyebabnya adalah, kurangnya biaya pemeliharaan. Sebab, untuk biaya kolam berikut pakam ikan, membutuhkan biaya yang sangat besar.

“Kita masih kurang personil. Untuk satu jenis ikan butuh seorang personil. Demikian pula biaya pemeliharaan kurang,”ujarnya.

Ditempat yang sama, Yodi Setiawan Ketua Komisi II DPRD mengatakan pihaknya dalam hal ini sangat mendukung terkait pembiayaan apabila Pemkab Sekadau betul-betul serius mengelola BBI.

Karena menurut dia, berfungsinya BBI tentu sebuah prestasi bagi Pemkab Sekadau, sekaligus sebagai bentuk pencapaian visi dan misi Pemkab Sekadau yakni IP3K.

“Dewan sangat mendukung. Terkait biaya untuk kembali menbenahi BBI, kita tetap dukung,” tegasnya.

Pewarta/editor : Sutarjo.


Like it? Share with your friends!