Pengamat Hukum Sebut Kabareskrim Sudah Lama Dibidik?


POTO : Pengamat Hukum dari Universitas Muhammadiyah Tangerang, Gufroni SH, MH (Ist)

Pewarta/editor : Tim liputan/red

JAKARTA – RADARKALBAR.COM

PENGAMAT Hukum dari Universitas Muhammadiyah Tangerang, Gufroni SH, MH mengungkapkan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri merupakan jabatan prestige, ujung tombak penegakan hukum di Republik Indonesia.

“Reserse itu rohnya Kepolisian, karena wewenang penegakan hukum ada disana”, ujar Gufroni kepada awak media pada Sabtu (26/11/2022).

Advokat publik ini mengungkapkan sebenarnya Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto sudah lama dibidik.

“Saya menilai, Komjen Agus Andrianto ini sudah lama dibidik sejak dilantik jadi Kepala Badan Reserse Kriminal Polri”, tegas Gufroni.

Gufroni menyampaikan hal ini sudah terjadi sejak pergantian Kapolri pasca pensiunnya Jenderal Idham Aziz.

“Publik semua tau, waktu itu Komjen Agus juga masuk bursa calon Kapolri, dan semua kalangan tau beliau adalah calon yang paling santai dan tetap fokus bekerja sebagai Kabaharkam Polri, tidak juga bermanuver ke sana kemari”, papar Gufroni.

Menurut Gufroni, sejak dilantik jadi Kabareskrim Polri, sudah mulai kelihatan kelompok-kelompok dari internal dan eksternal Kepolisian yang merasa kepentingannya terusik.

“Mungkin ada yang kepentingannya terganggu, kepentingan yang tidak terakomodir dan lain sebagainya”, tegas Gufroni.

“Saya ingat betul, ada sebuah guyonan ketika ada 2 orang berperkara, yang benar akan menang dan yang salah akan dongkol kepada 2 orang sekaligus yaitu polisi dan pihak yang benar,” kelakar Gufroni.

Pada Kepolisian sendiri sebenarnya publik tahu, terdapat gerbong-gerbong, geng-geng dan lain sebagainya yang saling sikut.


Like it? Share with your friends!