Mengukir Harapan di Bawah Langit Kalimantan Barat


Oleh : Rosadi Jamani [Ketua Satupena Kalbar]

ADA RASA HARU yang MERAMBAT. Lalu, menelusup hingga ke relung hati terdalam. Hari ini, Qubu Resort di Kubu Raya menjadi saksi dari perjalanan panjang sebuah mimpi yang awalnya sederhana.

Namun, kini menjelma menjadi kisah yang tak terlupakan. Wisuda keempat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat berlangsung khidmat. Ini menandai tonggak pencapaian baru bagi ratusan mahasiswa yang telah berjuang tanpa lelah demi gelar sarjana.

Ingatan pun melayang ke masa-masa sulit. Saat mimpi tentang berdirinya universitas ini hanya angan-angan di tengah hiruk-pikuk ruko sewaan.

Tahun 2014, tanpa gedung megah, tanpa kemewahan, bahkan tanpa kemapanan, UNU Kalbar tiba-tiba mendapat pengakuan resmi dari Kementerian Dikbudristekdikti.

Bagai embun di pagi hari, hadirnya UNU Kalbar menjadi harapan baru di tanah Borneo. Di saat kampus lain harus melalui perjalanan panjang, UNU Kalbar langsung melonjak menjadi universitas. Ini sebuah anugerah sekaligus tantangan besar.

Awal 2015, belasan mahasiswa melangkah masuk. Ya, belasan saja. Mereka membawa sejuta harapan. Meski jumlah tak sebanding dengan luasnya impian yang ingin diwujudkan.

Di tengah segala keterbatasan, mereka tetap bertahan. Hari demi hari, pekan demi pekan, tahun demi tahun, jumlah mahasiswa pun bertambah. Perlahan namun pasti, roda harapan mulai berputar.

UNU Kalbar tak lagi sekadar numpang di rumah toko (ruko), melainkan akhirnya mampu berdiri tegak di atas kampusnya sendiri di Parit Deraba Kubu Raya pada tahun 2020.

Namun, tak ada perjalanan yang selalu mulus. Di tengah pandemi Covid-19 yang mengguncang dunia, UNU Kalbar harus tetap melangkah. Terus mencetak SDM berkualitas.

Tiba waktunya menggelar wisuda pertamanya di Kantor Bupati Kubu Raya di tengah ancaman virus. Meski masker menutupi senyum para wisudawan, namun mata mereka memancarkan kebanggaan yang tak terperi.

Inilah bukti nyata dari perjuangan yang gigih, dari tekad yang tak pernah pudar, dari mimpi yang kini menjelma menjadi kenyataan.

Hari ini, di bawah langit Bumi Khatulistiwa, UNU Kalbar berdiri kokoh dengan ribuan mahasiswa. Mereka yang siap menjadi penerang bagi masa depan bangsa.

Wisuda ini bukan sekadar seremoni. Melainkan bukti bahwa harapan dan kerja keras akan selalu menemukan jalannya, meski harus melewati jalan berliku.

Para wisudawan kini siap menjejakkan langkah mereka di tengah masyarakat, membawa ilmu, semangat, dan dedikasi yang telah mereka ukir di bangku kuliah.

Dari ruko sempit hingga kampus megah, dari belasan hingga ribuan mahasiswa, inilah cerita tentang harapan, tentang perjuangan, tentang sebuah mimpi yang berhasil direngkuh.

Selamat berlayar, para sarjana UNU Kalbar. Kalian adalah bintang-bintang yang akan menyinari setiap sudut negeri ini dengan cahaya ilmu dan pengabdian.

#camanewak


Like it? Share with your friends!