Jaring Bibit Atlet, Percasi Sekadau Gelar Kejuaraan


POTO : Wakil Bupati Subandrio berpoto bersama usai membuka kejuaraan Catur di Warung Lupung (Sutar)

Sutarjo – radarkalbar.com

SEKADAU – Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Sekadau menggelar Kejuaraan Standar dan Senior memperebutkan piala bergilir Bupati Cup I tahun 2022.

Kegiatan berlangsung di Warkop Lupung Jalan Merdeka Selatan yang dijadwalkan selama 3 hari dengan 70 peserta dari berbagai kalangan dan profesi termasuk 12 atlet junior yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama(SMP).

Dalam arahannya saat pembukaan acara kejuaraan Catur tersebut Wakil Bupati Sekadau Subandrio mengatakan Pemkab Sekadau mendukung kejuaraan Catur ini, sebab, catur merupakan salah satu cabang olah raga penyumbang medali emas terbanyak untuk kabupaten Sekadau pada kejuaraan Porprov tahun 2018 lalu.

Menurut Wabup, permainan Catur merupakan olah raga yang penuh dengan seni dan mengasyikan dimana para atlet harus mampu memutar otak kanan dan otak kiri secara bersamaan.

“Permainan Catur meskipun hanya dimainkan oleh dua orang, tapi sangat mengasyikkan,” kata Wabup.

Kedepan sambung dia, Percasi kabupaten Sekadau kedepan kiranya bisa melaksanakan pertandingan Catur antar Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, tujuannya tentu untuk menjaring atlet -atlet yang handal dan berbakat di usia dini, selain itu, permainan Catur juga bisa mempererat tali silahturahmi.

Usai memberikan sambutannya, wabup Subandrio langsung membuka kejuaraan dan dilanjutkan dengan pertandingan eksibisi dengan Anggota DPRD Fraksi Hanura Liri Muri SE.

Ditempat yang sama Ketua KONI Kabupaten Sekadau Rusmin Nuryadin, mengatakan, di kabupaten Sekadau catur merupakan olahraga Favorit dikalangan masyarakat, karena dilihat di warung-warung kopi dipasar Sekadau sering terlihat ada papan catur.

Bahkan kata dia, pada kejuaraan Porprov tahun 2018 kita memperoleh 3 Emas dan satu perak yang di sumbangkan oleh cabor Catur.

“Saya berharap ada kejuaraan kali ini selain sebagai ajang untuk menjaring para atlet baru, kegiatan ini adalah kegiatan pertama di Kabupaten Sekadau,” cetusnya.

Sementara itu Jamaludin Ketua Panitia Kejuaraan Catur Standar bupati Cup Senior tahun 2022 menyebutkan,.salah satu tujuan dilaksanakaanya kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para atlet Catur yang selama ini memiliki bakat namun terpendam, makanya dengan kejuaraan ini nanti bakat mereka bisa tersalurkan.

Ia berharap, Cabor Catur sebagai prestasi dan catur sebagai olahraga yang bisa menjadi andalan kabupaten Sekadau.

“Dengan kegiatan ini mudah-mudahan para atlet Catur yang selama ini tidak ada kesempatan untuk menyalurkan bakatnya, maka dengan kejuaraan ini terjawab sudah,” katanya.

Ditempat yang sama Savion Marlon, Ketua Percasi kabupaten Sekadau menyebutkan, kejuaraan ini bertujuan untuk mengali potensi para atlet dan pecatur yang ada di kabupaten Sekadau.

“Kejuaraan ini kejuaraan memang diperuntukkan bagi senior, tapi kita mengikutsertakan 12 atlet junior yang masih duduk di Sekolah dasar dan sekolah menengah pertama,’ ungkap Marlon.

Dikatakan dia lagi, rencananya pada bulan Februari 2022 nanti, Percasi akan melaksanakan kejuaraan Catur khusus junior, yang akan berlangsung di SMA Negeri 01 Sekadau sekitar tanggal 11-12 Februari mendatang.

Editor : Antonius


Like it? Share with your friends!