KIPP Nilai Bareskrim Gelar Pelatihan Gakkumdu Sudah Tepat


POTO : Sekjen KIPP, Kaka Suminta (Ist)

JAKARTA – RADARKALBAR.COM

BARESKRIM Polri menggelar pelatihan penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) baru-baru ini.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Kaka Suminta menilai pelaksanaan itu sudah tepat.

Bahkan, menurut Kaka, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kejaksaan juga melakukan hal serupa. Sebab, dalam Sentra Gakkumdu Pidana Pemilu, terdapat tiga institusi tersebut.

“Desain Gakkumdu memang untuk penegakan hukum pidana pemilu. Sehingga pelatihan terhadap tiga unsur gakkumdu itu penting,” ungkapnya kepada wartawan, Jakarta, pada Jum’at (26/5/2023).

Kaka menegaskan langkah Bareskrim Polri yang menggelar pelatihan tersebut sudah sangat tepat. Namun, akan lebih baik jika pelatihan tersebut dalam pelaksanaannya bersama Bawaslu dan Kejaksaan.

“Betul dan sudah tepat, bahkan harus komprehensif. Saling memahami posisi dan strategi penanganan dalam tiga unsur,” cetusnya.

Menurut Kaka, jika memang bisa melaksanakan secara bersama-sama, maka masing-masing institusi bisa saling mengisi dan memperkuat potensi dari institusi masing-masing.

Ia menambahan, pelaksanaan pelatihan bersama, tentu akan menjadi bentuk solidaritas, sinergitas dan kolaborasi dari ketiga institusi dalam hal penanganan pelanggaran pidana pemilu.

“Saling mengisi dengan potensi masing-masing. Bawaslu, Kejaksaan dan Polri memiliki keunggulan dan kompetensi masing-masing. Sebaiknya, jika melaksanakan pelatihan atau apapun hendaknya dengan kolaboratif,” paparnya.

Meski demikian kata Kaka, masing-masing institusi boleh menggelar pelatihan tersendiri. Guna untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dari ketiganya.

“Bisa melaksanakan bersama atau sendiri-sendiri. Tetapi unsur utamanya tetap Bawaslu yang mempunyai kewenangan penegakan keadilan pemilu oleh Undang-undang,”pungkasnya.

editor : Sery Tayan


Like it? Share with your friends!