Warning..!! Penderita DBD Meninggal Naik Jadi 12 Orang


FOTO : Plt Kepala BPBD Sanggau, Budi Darmawan saat meninjau pelaksanaan fogging pada salah satu kawasan di Kota Sanggau (Ist)

SANGGAU – radarkalbar.com

MERUJUK data pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau hingga tanggal 24 November 2023, penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) mencapai 348 orang, 12 diantaranya meninggal dunia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Sanggau Budi Darmawan menegaskan Satgas Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD terus berupaya melaksanakan pencegahan dan menekan penambahan penderita DBD tersebut.

Selain fogging, edukasi pencegahan juga penting disampaikan kepada warga. Peran aktif warga sangat menentukan keberhasilan penanganan DBD.

“Memang, yang penting itu keterlibatan masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Khususnya pada tempat-tempat yang menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk,”ungkapnya pada Sabtu (25/11/2023).

Selanjutnya kata pria yang akrab dengan sapan Bang Budi tersebut, melakukan gerakan 3 M plus yaitu menguras, membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

Selanjutnya menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya serta memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

“Aktifitas ini sederhana, tapi sangat efektif menekan kasus DBD,” timpal pria yang juga Ketua MABM Kabupaten Sanggau ini.

Ia juga mengimbau para Camat, Lurah,Kepala Desa, Kepala Wilayah (Kawil) dan Ketua RT untuk mengingatkan kembali warga di wilayahnya masing-masing tentang pentingnya PSN dan 3 M plus.

“Pesan Pak Plt Bupati kemarin sudah tidak boleh lagi kita landai-landai dalam menangani DBD. Semuanya harus bergerak, karena kasusnya mengalami trend kenaikan. Semoga saja secepatnya wabah ini bisa kita tangani bersama,” cetusnya. (SrY)


Like it? Share with your friends!