Pekan Depan Rumah Restorative Justice Kejari Sekadau Diresmikan


POTO : Kajari Sekadau,  Zein Yusri Munggaran (Ist)

SEKADAU – radarkalbar.com

KEPALA Kejaksaan Negeri (Kajari) Sekadau, Zein Yusri Munggaran mengelar rapat koordinasi (rakor) bersama Wakil Bupati Sekadau Subandrio dan beberapa instansi terkait, pada Kamis (24/03/2022).

Kepada media Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan, Pemkab Sekadau sangat mendukung upaya Kajari Sekadau untuk membentuk rumah restorative justice.

Sebab kata Subandrio dengan terbentuknya rumah restorative justice tersebut, dimana perkara yang bisa dilakukan bisa dihentikan.

“Karena program pihak Kejaksaan kita tetap mendukung, lagi banyak nilai positifnya jika sudah ada rumah RJ,” ujarnya.

Terpisah Kajari Sekadau Zein Yusri Munggaran mengatakan pihaknya membentuk dan meresmikan rumah restorative justice yang rencananya akan bertempat di Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir. Pembentukan rumah restorative justice tersebut dibantu dan didukung oleh Pemkab sekadau.

“Salah satu maksud dan tujuan dibentuknya rumah restorative justice ini, yang mana nanti sebagai tempat pelaksanaan musyawarah mufakat perdamaian untuk menyelesaikan masalah atau perkara pidana yang terjadi dalam masyarakat,” ungkapnya.

Dijelaskan, nantinya kasus-kasus yg dimediasikan oleh jaksa dengan disaksikan para tokoh masyarakat dan tokoh agama serta para tokoh adat setempat akan dilakukan mediasi.

” Di rumah restorative justice ini beberapa kasus perkara pidana yang akan kita mediasi bersama para tokoh, untuk di selesaikan dengan perdamaian,” kata Zein.

Selain itu kata dia, tujuan dibentuknya kampung restorative justice ini agar terlaksananya penanganan perkara cepat, sederhana dengan biaya ringan serta terwujudnya kepastian hukum yang lebih mengedepankan keadilan, yang tidak hanya bagi tersangka, korban dan keluarga, tetapi juga keadilan yg menyentuh masyarakat.

“Rencananya pembentukan dan peresmian rumah ini akan dilaksanakan pada Selasa (29/3/2022) di Desa Mungguk,” ungkapnya

Peresmian nantinya akan dihadiri oleh unsur forkompinda, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama.

Sementara, hadir pada rakor tersebut Wakil Bupati Sekadau Subandrio, Kajari Sekadau Zein Yusri Munggaran, Kabag Hukum serta beberapa Kepala SKPD. (Sutar)

 

 

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!