Ratusan Mahasiswa di Kalbar Gelar Aksi Damai Dukung Hasil Pemilu 2024


FOTO : saat aksi dalam ratusan mahasiswa di kawasan Tugu Digulis Untan (Ist)

PONTIANAK – radarkalbar.com

RATUSAN mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kalbar menggelar aksi damai di kawasan Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura (Untan), pada bilangan Jalan Ahmad Yani Pontianak, Jumat (23/2/2024).

Aksi damai dukung hasil Pemilu 2024 ini diinisiasi Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Kalbar, diantaranya dari BEM SI Kalbar, BEM SEKA wilayah Kalbar dan Forum Komunikasi BEM se Kalbar (FKBK).

Tampak hadir perwakilan mahasiswa dari Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Pontianak, Universitas Muhammadiyah (UMP) Pontianak, Uiversitas Politeknik Negeri Pontianak (Polenp) UPB (UPB) Pontianak.

Kemudian hadir juga mahasisawa dari Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Universitas OSO, Mahasisawa Polyteknik Kesehatan (Poltekkes) Pontianak, Universitas Nahdlatus Ulama (UNU) Kalbar, mahasiswa YARSI Pontianak dan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Pontianak.

Aksi damai ini, diisi dengan deklarasi pernyataan menerima hasil Pemilu 2024 dan apresiasi kepada masyarakat, KPU, Bawaslu serta TNI/Polri yang berperan dalam menciptakan pemilu 2024 dengan aman dan damai.

Dalam orasinya koordinator aksi yang juga merupakan koordinator wilayah (Korwil) BEM SEKA wilayah Kalbar, Silius Rami mengajak semua pihak untuk dapat menahan diri dan tidak memprovokasi maupun terprovokasi terhadap isu-isu yang beredar tentang hasil Pemilu 2024.

“Kami atas nama mahsiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang terdiri dari BEM SI Kalbar, BEM SEKA wilayah Kalimantan Barat dan Forum Komunikasi BEM Se-Kalbar (FKBK), pertama mengapresiasi kepada seluruh masyarakat dan semua elemen penyelenggara Pemilu serta apparat TNI Polri yang telah melaksanakan pemilu dengan aman dan damai, untuk itu marilah kita tunggu hasil pemilu ini sampai adanya keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia,” ucapnya.

Ia juga mengimbau semua pihak untuk mematuhi dan mentaati segala bentuk ketentuan yang berlaku, serta menyelesaikan permasalahan Pemilu 2024 yang mungkin saja terjadi, hendaknya sesuai dengan koridor hukum yang berlaku serta jalur yang telah disediakan.

“Kami atas nama Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kalimantan Barat menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat maupun pihak-pihak yang telah menjalankan tugasnya dengan integritas dan dedikasi yang tinggi sehingga Pemilu 2024 di Kalbar berjalan aman, damai dan sejuk hingga saat ini,” cetusnya.

Senada dilontarkan Ketua BEM SI Kalbar Rizal. Ia mengungkapkan sebagai mahasiswa dirinya mengajak semua elemen masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan berita-berita yang masih diragukan kebenaranya yang banyak beredar terkait dengan Pemilu.

“Marilah kita menyikapinya dengan cerdas dan tidak terpengaruh dengan hal-hal yang tidak jelas serta diragukan kebenaranya alias hoak, kita serahkan kepada mekanisme yang telah disiapkan oleh pemerinta, jika ada pelanggaran pemilu bias ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan seterusnya,” imbaunya.

Sementara Koordinator Forum Komunikasi BEM se Kalbar (FKBK), Raihan juga berharap dengan kegiatan aksi damai dan deklarasi mendukung hasil Pemilu 2024 ini. Dia berharap pemerintahan bias berjalan sebagaimana mestinya serta semua pihak bias legowo menerima hasil pemilu.

“Pesta demokrasi telah usai, mari kita serahkan hasilnya kepada KPU sebagai lembaga yang berwenang terkait Pemilu. Jika ada hal-hal yang dianggap tidak sesuai mari kita salurkan melalui saluran yang telah disiapkan, baik Bawaslu dan seterusnya. Dan janganlah kita terpengaruh dengan informasi-informasi di media sosial yang terkadang tidak benar,” tuturnya.

Aksi damai dan deklarasi menerima hasil Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh Aliansi BEM se Kalbar ini diakhiri dengan pembagian pamflet ajakan semua pihak untuk mematuhi dan mentaati segala bentuk ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu yang mungkin saja terjadi pada tahun 2024 ini. (Red/Wulan).


Like it? Share with your friends!