Sidak di Kantor Desa, Wabup Sekadau Temui Hal ini


FOTO : Wakil Bupati Sekadau, Subandrio berpoto bersama perangkat desa saat melaksanakan pada salah satu Kantor Desa (Sutar)

Pewarta : Sutarjo.

radarkalbar.com, SEKADAU – Wakil Bupati Subandrio, SH, MH melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) pada sejumlah desa yang terdapat di jalur jalan menuju Kabupaten Sintang, Jumat (20/8/2021).

Adapun yang menjadi sasaran sidak tersebut, masing-masing Kantor Desa Bokak, Kantor Desa Gonis Tekam dan Kantor Desa Tapang Semadak

“Jadi, saat saya sidak, untuk di Kantor Desa Bokak masih ada Pegawai nya. Kemudian di Kantor Desa Gonis Tekam, hanya Ketua BPD. Lalu ke desa Tapang Semadak malah sudah tutup padahal kedatangan saya masih dibawah jam 12 siang. Jadi, masak Kantor Desa sudah pada tutup,” ungkap Wakil Bupati.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Desa adalah pusat pelayanan paling kecil di pemerintahan daerah. Namun meskipun begitu jam pelayanan harus optimal, karena pegawai desa jam kerjanya sama dengan jadwal pegawai pemerintah.

Menurut Subandrio, Kantor Desa yang berada di jalur jalan utama harus agak optimal pelayanan kepada masyarakat. Apalagi yang masih dalam lingkungan perkotaan jangan jam 12.00 WIB sudah tutup. Sebab, Pemerintah Desa pada jalur utama pasti banyak orang lalu lalang.

“Jika jam 12 siang Kantor Desa sudah tutup akan menjadi preseden buruk bagi pemerintah daerah. Makanya saya minta agar kepala desa mesti merubah cara kerja pola lama, karena kantor desa adalah pusat pelayanan masyarakat, dan juga sebagai ujung tombak bagi pemerintah daerah, jadi kinerja harus optimal,” paparnya.

Di konfirmasi kepada Kepala Dinas Pemerintah Desa Kabupaten Sekadau Bayu Suharsono mengatakan pelayanan di kantor desa sama dengan kantor pemerintahan lain, terkecuali ada aturan khusus dari kepala desa itu sendiri mengenai jam kerja perangkatnya.

“Pada prinsipnya jam kerja di kantor desa sama dengan kantor pemerintahan lain, kecuali ada aturan khusus dari kepada mengenai jam kerja pegawai desa,” tutup Bayu.

Editor : Antonius


Like it? Share with your friends!