Kantor KPU Sambas Nyaris Terbakar, Ini Penyebabnya


FOTO : tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran yang hampir menjalar ke bagian bangunan KPU Sambas [ Rai)

Urai Rudi M – radarkalbar.com

SAMBAS – Bangunan Kantor KPU Sambas nyaris saja jadi arang, dilahap si jago merah, Sabtu (19/5/2024) sekitar pukul 22.42 WIB.

Beruntung api yang sempat membesar itu, bisa dipadamkan oleh pegawai KPU Sambas yang sedang lembur dan dibantu sejumlah pihak lainnya.

Ketua KPU Sambas, Irawati membenarkan peristiwa tersebut. Namun, menurut dia, kebakaran itu di samping kantor penyelenggara Pemilu. Dan api tidak sampai menyentuh bagian Kantor KPU Kab Sambas.

“Iya, benar. Ada kejadian itu. Sumber api dari tong sampah milik KPU Sambas yang kebetulan diletakkan disamping bangunan kantor,” ungkapnya.

Menurutnya, api mulai menyala sekitar pukul 22.42 WIB. Dan sudah dapat diatasi oleh pegawai KPU Kabupaten Sambas yang sedang lembur menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) milik KPU Kabupaten Sambas dan dibantu oleh masyarakat yang sedang melihat kejadian.

“Nah, mengantisipasi adanya api yang belum terpadamkan di sekitar lokasi kejadian. Maka KPU Sambas meminta bantuan pemadam kebakaran untuk menyiram bangunan di sekitar lokasi kejadian dengan air,” tuturnya.

Dijelaskan, akibat kejadian tersebut tidak ada kerugian yang dialami KPU Sambas.

“Tidak ada yang rusak baik arsip maupun bangunan kantor dan peralatan akibat kebakaran tersebut,” terangnya.

Saat ini kata dia, terkait kronologis kejadian sedang ditangani pihak kepolisian dan beberapa pegawai KPU sudah diminta keterangan

“Terkait kronologis kejadian sedang ditangani pihak kepolisian dan beberapa pegawai KPU sudah diminta keterangan,” bebernya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu memadamkan api. Sehingga tidak menjalar ke bangunan kantor KPU Sambas.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kapolsek Sambas dan jajaran, pemadam kebakaran, masyarakat sekitar yang membantu melakukan pemadaman, saat kejadian tersebut.


Like it? Share with your friends!