Yodi : Banyak Pustu Kosong, Pelayanan Kesehatan Masih Buruk


POTO : Ketua Komisi II DPRD Sekadau, Yodi Setiawan (dok).

radarkalbar.com, SEKADAU – Ketua Komisi II DPRD Sekadau, Yodi Setiawan menyayangkan masih banyak Puskesmas Pembantu (Pustus) di Kabupaten Sekadau yang petugasnya tidak ada berada di tempat.

Menurut Yodi, Itu artinya pelayanan kesehatan di Sekadau masih buruk, Pasalnya banyak sekali keluhan warga, mereka mau berobat ke Pustu tapi petugasnya tidak berada ditempat.

“Banyak tenaga medis yang bertugas di Pustu dan Polindes hanya makan gaji saja, mereka tidak melayani masyrakat dengan benar. Bahkan hanya status saja mereka bertugas di tempat tersebut. Ketika diperlukan oleh masyarakat ternyata mereka jarang di tempat,” ungkapnya, Selasa (16/2/2021) melalui pesan singkatnya.

Tak jarang kata Yodi, masyarakat sering mengadu, kalau ada pasien sakit kadang petugas tidak mau melayani, mereka hanya memberi saran, kepada pasien agar langsung berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) saja.

“Padahal tugas mereka tentu lebih dari pada itu, kecuali sakit pasien sudah tidak mampu ditangani oleh petugas di Pustu, barulah disarankan berobat ke rumah sakit atau Puskesmas,” kata Yodi.

Untuk itu ia menyarankan, agar pihak terkait harus mencroscek, setiap Pustu dan Polindes yang sudah ada petugasnya, sejauh mana keaktifan mereka bererda ditempat tugas.

Soalnya, menurut dia, jika petugas yang sudah penempatan, tapi tidak pernah berada di tempat tugas. Tentunya menjadi preseden buruk bagi pelayanan kesehatan di Kabupaten Sekadau.

“Kita tidak ingin semakin tahun, kian banyak keluhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan di Kabupaten Sekadau,” ingatnya.

 

 

 

 

 

Pewarta/editor : Sutarjo.


Like it? Share with your friends!