PKS Mesti Tingkatkan Kemitraan dengan Petani Swadaya


FOTO : Saat pelaksanaan verifikasi indek proporsi “K” [doni]

Doni – radarkalbar.com

SEKADAU – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kabupaten Sekadau rutin melaksanakan verifikasi indek proporsi “K” pada tingkat kabupaten secara berkala setiap bulannya, pada Senin (12/8/2024).

Rangkaian kegiatan ini dihadiri enam perusahaan perkebunan yang memiliki Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Sekadau.

Verifikasi dilakukan untuk mencocokan antara data produksi,penjualan maupun biaya pengolahan dimasing – masing perusahaan.

Dan selanjutnya data tersebut di kirim ke Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar sebagai dasar untuk penetapan harga Tandan buah segar (TBS) di tingkat provinsi.

Sekretaris Dinas DKP3 kabupaten Sekadau Utin Ramdiana pada kesempatan verifikasi Indek Proporsi “K” yang berlangsung di aula Kantor Dinas DKP3 menegaskan, untuk dirinya meminta agar semua PKS yang ada saat ini meningkatkan pola kemitraan dengan para petani swadaya.

Hal ini untuk membantu Pemkab Sekadau menjaga stabilitas ekonomi masyarakat. Selain itu, investasi yang ada juga dapat terjaga dengan baik.
Adapun 6 PKS yang hadir menyampaikan data indek proporsi “K” yaitu PT PHS, PT Parna Agromas, PT KSP, PT TSM, PT SML dan PT GUM.

Paulus Linus petugas pengolahan dan pemasaran hasil perkebunan kabupaten Sekadau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan verifikasi usulan indek proporsi “K”kabupaten Sekadau bulan Agustus 2024.

“Data hasil verifikasi akan diteruskan ke Dinas Perkebunan Kalbar sebagai dasar untuk penetapan harga di tingkat provinsi,” pungkasnya.


Like it? Share with your friends!