Aron Pesankan Ini, Saat Hadiri Gawai OMK Ketungau Seseak


FOTO : Bupati Sekadau, Aron SH didampingi Ketua TP PKK Sekadau berpoto bersamasaat menghadiri gawai OMK Ketungau Seseak (Sutar)

Editor : Sutarjo Selalong

SEKADAU – radarkalbar.com

BUPATI Sekadau, Aron, SH didampingi Ketua TP PKK Ny Magdalena Susilawati Aron, menghadirinya gawai Anak Muda Katolik (OMK) Ketungau Seseak ke – V wilayah Paroki Rawak, Kecamatan Sekadau Hulu pada Sabtu, (9/7/2022).

Dalam gawai yang berlangsung di Balai Adat Dusun Tebeliang Mangkang ini. Bupati Sekadau, Aron SH mengingatkan pentingnya kekompakan dalam setiap kegiatan. Tak terkecuali pada gawai seperti ini.

“Kekompakan itu sangat penting. Ini karena adanya kekompakan, maka bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Ditambahkan, Pemkab Sekadau sangat mendukung kegiatan tersebut, sebagai ajang bagi kaum muda untuk mengenal adat dan budaya.

“Ajang seperti ini juga sebagai tempat silaturahmi antar kaum muda dari berbagai Stasi. Nah, atas nama Pemkab Sekadau, saya mengucapkan selamat melaksanakan kegiatan gawai. Untuk itu, laksanakan kegiatan budaya ini dengan baik,” pesannya.

Kedepan kata Aron menyarankan, agar kegiatan seperti ini bisa dibarengi dengan napak tilas terhadap perjalanan para tokoh Dayak sub suku Ketungau Seseak pada masa silam. Tujuannya tentu agar para kaum muda mengetahui seperti apa tokoh dari suku Ketungau Sesaek di masa silam.

Aron juga mengingatkan, kepada kaum muda yang hadir untuk tidak terlena. Sehingga lupa untuk sekolah. Sebab, sebagai kaum yang hidup di era 4.0 para kaum muda harus mampu bersaing dalam bidang pendidikan.

“Saya ingatkan agar kaum jangan pernah terlena. Sehinga lupa untuk sekolah, bersainglah dalam bidang pendidikan, agar kita tidak ketinggalan,”pesannya.

Sementara, Anggota DPRD Sekadau asal Desa Tinting Boyok, Yosef Sumardi mengatakan gawai OMK ini merupakan agenda rutin dilaksanakan setiap tahun, namun, karena wabah covid-19 dua tahun lalu sehingga kegiatan seperti baru bisa dilaksanakan sekarang.

Yosef mengingatkan selain sebagai kegiatan budaya, hendaknya gawai seperti ini hendaknya bisa menjadi pesan moral dalam keimanan. Sebab, OMK indentik dengan organisasi keagamaan. Sehingga bisa di sandingkan antara kegiatan budaya dan agama.

“OMK hendaknya bisa menjadi pagar bagi sesama kaum muda, saling mengingatkan agar meneguhkan iman,”pesannya.

Kesempatan sama, Kepala Desa Tinting Boyok, Am Rodi mengatakan OMK adalah pondasi setiap Stasi. Selain sebagai organisasi keagamaan. Namun, OMK juga sebagai generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa.

Maka dari itu, perlu di bangun keimanan yang kuat agar dalam tingkah laku dan akhlak kaum muda bisa menjadi contoh dan panutan.

“Jadilah pagar bagi gereja dan kampung masing-masing karena tanpa pagar yang baik, maka keimanan kita bisa luntur karena kurangnya iman kepada Tuhan,”pesannya.

Selanjutnya, Kepala Dusun Tebelian Mangkang, Kusmin mengharapkan agar para kaum muda seperti para anggota OMK bisa menjadi pondasi dan pagar dalam keimanan.

“Karena, OMK sebagai generasi muda dalam organisasi Katolik di setiap Stasi, di pundak kalianlah maju mundurnya gereja di Stasi kalian masing-masing,” ingatnya.

Ketua panitia pelaksana, Diki mengatakan jumlah OMK yang hadir pada gawai Ketungau Seseak tersebut dihadiri sebanyak 9 Stasi. Khusus stasi yang berada di wilayah Paroki Rawak.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat langsung dalam acara ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada bapak Bupati Sekadau berserta Ibu Ketua PKK yang telah sudi hadir pada acara ini,’ ucapnya.

Hadir saat itu, anggota DPRD Sanggau, Rosni, para tokoh masyarakat serta seluruh anak-anak OMK dari 9 Stasi Paroki Rawak.

Pewarta : Sutarjo


Like it? Share with your friends!