Kepala Bappenas Bahas Green Infrastructure Initiative saat Rakor Bersama Menteri Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman


radarkalbar.com, JAKARTA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional,

Suharso Monoarfa dan

Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menghadiri rapat koordinasi Kick-off Steering Committee Meeting Jerman-Indonesia untuk Green Infrastructure Initiative bersama

POTO : Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa (ist)

Kegiatan ini berlangsung secara virtual pada Kamis, (4/3/2021). Rapat tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pihak dan pejabat negara. Yaitu, Menteri Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman yaitu Gerd Muller, Dirjen Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri, Duta Besar Ngurah Swajaya, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan.

Pemerintah Jerman menyampaikan komitmen pendanaan untuk proyek-proyek infrastruktur hijau khususnya di wilayah perkotaan atau Green Infrastructure Development Initiative senilai EUR 2,5 miliar kepada Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, di sela-sela pertemuan tahunan Bank Dunia bulan Oktober 2018 di Bali, dan ditegaskan kembali pada pertemuan Negosiasi Kerja Sama Pembangunan Bilateral di Berlin pada bulan Oktober 2019.

Dalam pertemuan tersebut sejumlah pejabat yang hadir dan Menteri Muller mendiskusikan mengenai proyek yang akan dikerjasamakan dengan pemerintah Jerman, diantaranya adalah pasokan air regional wosusoka, pengelolaan limbah padat untuk pembangunan kota yang berkelanjutan, dan pembangunan Kereta Api regional Surabaya tahap 1.

Pelaksana dari proyek-proyek tersebut adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk proyek pasokan air dan pengelolaan limbah, sementara Kementerian Perhubungan adalah pelaksana proyek pembangunan Kereta Api regional Surabaya tahap 1.

Saat ini seluruh proyek tersebut masih dalam perencanaan dan pembahasan.











Pewarta/sumber : Tim Komunikasi Publik
Kementerian PPN/Bappenas


Like it? Share with your friends!