Bertahun-tahun Berhubungan Intim Belum Membuahkan Keturunan, Ini Penyebabnya


POTO : ilustrasi pria kebingungan (Ist)

Pewarta/editor : Tim liputan/red

RADARKALBAR.COM – JIKA seorang pria yang telah bertahun-tahun melakukan hubungan intim. Tetapi, belum membuahkan keturunan. Maka sebaiknya ia segera berkonsultasi dengan ahli. Sebab, hal itu bisa terkait dengan masalah infertilitas (ketidaksuburan).

Dilansir dari timesnownews.com, infertilitas mengacu pada suatu kondisi di mana seorang pria gagal untuk memulai kehamilan dengan pasangannya karena jumlah sperma rendah, motilitas sperma yang buruk atau kelainan genetik seperti fibroid kistik.

Meskipun bidang ilmu kedokteran telah berkembang dengan perawatan seperti pembekuan telur dan fertilisasi in-vitro untuk membantu orang yang berjuang dengan infertilitas dalam merencanakan memiliki keturunan kapan pun mereka mau, tetapi pilihan ini terlalu mahal untuk dapat dijangkau semua orang.
Dan sebelum seorang pria mencari pengobatan medis untuk ketidaksuburan, disarankan agar ia terlebih dahulu mencari kesalahan dalam kebiasaan dan gaya hidupnya.
Berikut hal-hal yang menyebabkan infertilitas pada pria:

– Jumlah sperma yang rendah

Jumlah sperma yang rendah adalah ketika air mani – cairan yang dikeluarkan seseorang saat orgasme – mengandung lebih sedikit dari sperma normal.

Kondisi ini dikenal sebagai oligospermia – tidak adanya sperma sama sekali dikenal sebagai azoospermia.

Jika jumlahnya lebih rendah dari 15 juta sperma per milimeter air mani, itu dikenal sebagai jumlah sperma yang rendah, dan ini dapat mengurangi kemungkinan seseorang dapat membuahi sel telur untuk kehamilan.

– Gejala jumlah sperma rendah

Untuk memastikan apakah jumlah sperma rendah atau tidak, seseorang perlu menjalani tes dan yang lainnya – tetapi pertama-tama itu tidak berarti bahwa seseorang tidak dapat menjadi ayah dari seorang anak, dan kedua gejalanya mungkin muncul dalam beberapa kehidupan sehari-hari.

– Tanda-tanda utama jumlah sperma rendah adalah:

· Rambut wajah atau tubuh berkurang

· Nyeri, benjolan atau pembengkakan di area testis

· Masalah dengan fungsi seksual seperti disfungsi ereksi

· Ereksi, masalah ejakulasi

· Gairah seks rendah

– Penyebab jumlah sperma rendah

Beberapa pria mungkin harus berjuang dengan jumlah sperma yang rendah karena kelainan kromosom, pelebaran vena testis, dan ketidakseimbangan hormon. Beberapa kebiasaan gaya hidup juga bisa jadi pemicu yakni:

· Merokok

· Asupan alkohol

· Didorong oleh gaya hidup yang membuat kegemukan

· Testis yang terlalu panas

· Menjadi sangat stres atau depresi

– Penyebab lainnya adalah:

· Operasi penis, skrotum, testis atau selangkangan

· Riwayat disfungsi seksual

· Riwayat gangguan prostat

(PNC)


Like it? Share with your friends!