Suhardi : Bansos Dapat Mengentaskan Kemiskinan


Sekadau, radar-kalbar.com-
Bantuan Sosial kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dinilai sangat membantu menurunkan angka kemiskinan di Sekadau, sebab bantuan tersebut betul-betul dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan kelompok.

Hal ini di katakan oleh Suhardi Kepala dlDinas Sosial, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan, ketika membuka kegiatan bimtek kepada penerima KUBE di Sekadau Jumat, (4/10/2019) di Mess Pemda.

Menurut Suhardi, berkat bantuan Sosial yang rutin diglontorkan oleh kementarian sosial melalui KUBE, angka kemiskinan di kabupaten Sekadau setiap tahun semakin menurun.

“Tahun ini angka kemiskinan di kabupaten Sekadau turun menjadi 16 persen,”ungkap Kadis.

Sementara itu Syamsumin pendamping, KUBE dalam paparannya, meminta agar para ketua KUBE tidak menbelanjakan dana diluar proposal yang diajukan, karna dalam proposal tidak tercamtum biaya kandang, biaya pengalian kolam ikan, termasuk biaya transportasi

“Item pembiayaan seperti ini tidak boleh dibelanjakan, sebab,dalam pengajuan proposal yang bisa dibelanjakan hanya barang-barang yang tidak bisa dibuat oleh kelompok,”ingatnya.

Sementara itu,Waluyo perwakilan dari kementrian sosial dalam paparan meminta, agar para ketua kelompok mesti jeli untuk melihat peluang pasar,ketika membuka usaha bersama.

Jangan sampai lanjut dia, ketika kelompok sudah menekuni salah satu usaha, lalu sulit untuk memasarkan.

“Ini yang kita tidak inginkan, harusnya setiap usaha bersama yang sudah ditekuni pangsa pasarnya harus jelas,” saranya.

Tujuanya, agar usaha yang telah di tekuni bisa menambah penghasilan anggota kelompok itu sendiri.

Pewarta : sutarjo.
Editor : Antonius


Like it? Share with your friends!