Pemerintah Siapkan 40.621 Formasi CPNS Untuk Penempatan Di IKN


FOTO : Para CPNS yang mengikuti seleksi [ist]

Tim liputan – radarkalbar.com

JAKARTA – Pemerintah Pusat menyediakan 40.621 formasi untuk alokasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di ibu kota negara baru.

Seleksi 2024 bakal dibuka. Khusus untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Terkait pengadaan CPNS khusus IKN di 2024, kami ingin menyampaikan bahwa sampai saat ini sudah ada formasi 130.341 di instansi pemerintah pusat, di dalamnya nanti akan ada 600 formasi untuk Otorita IKN, kemudian 40.021 formasi untuk kementerian/lembaga yang akan ada di IKN,” ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dikutip dari laman Antara, Selasa, (2/7/2024).

Azwar Anas menjelaskan pemerintah memberikan afirmasi sebesar 5 persen khusus untuk putra/putri Kalimantan dalam formasi kementerian/lembaga di IKN.

Pendaftaran bakal dibuka pada Juli-Agustus 2024.

“Artinya ada 2.000 putra/putri Kalimantan terbaik yang diberi ruang afirmasi di formasi fresh graduate di IKN,” tutur Azwar.

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan skenario pemindahan ASN dari Jakarta ke IKN secara bertahap.

Dia menyebut pihaknya juga bakal melakukan mutasi PNS dari pemerintah daerah sekitar IKN.

Kemudian, akan dilaksanakan mutasi ASN dari pemda sekitar melalui seleksi terbuka secara kompetitif.

Menurut Dia, hal ini penting agar mereka yang pindah merupakan orang-orang berkualifikasi tinggi.

“Ini supaya mereka yang pindah atau mutasi dari pemda sekitar Kalimantan juga terdiri dari ASN yang berkualifikasi tinggi, talenta digital, multitasking, yang bisa memberi layanan secara digital dan sebagaimana standar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” pungkasnya.


Like it? Share with your friends!