Kabar Baik Bagi Putra – Putri Kalimantan, Pemerintah Siapkan 2 000 Formasi CPNS untuk Tugas di IKN


FOTO : Para CPNS sedang mengikuti seleki [ist]

Tim liputan – radarkalbar.com

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas menyatakan, penerima afirmasi itu nantinya akan ditugaskan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Untuk itu, pemerintah memberikan afirmasi sebanyak 5 persen kepada putra-putri asli Kalimantan pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2024.

“Intinya pemerintah pusat akan berikan afirmasi terhadap putra putri Kalimantan. Untuk tahap awal akan ada afirmasi 5 persen untuk putra-putri Kalimantan terbaik,” ujar Anas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Ia menyebutkan, afirmasi 5 persen itu termasuk dalam daftar 40.021 formasi CPNS kementerian/lembaga yang akan pindah ke IKN.

“Artinya ada 2.000 putra-putri Kalimantan terbaik di CPNS IKN. Untuk itu, akan ada 2.000 putra-putri Kalimantan terbaik yang akan diberi ruang afirmasi untuk formasi CPNS fresh graduate di IKN,” terangnya.

Selain itu, pemerintah juga akan membuka lowongan untuk pemindahan ASN dengan sistem mutasi pemerintah daerah (pemda) atau pemda khusus di sekitar kawasan IKN.

Metode ini kata Anaz, dilakukan dengan seleksi terbuka yang kompetitif. Nantinya lowongan untuk seleksi akan diumumkan oleh Otorita IKN.

Selain itu, untuk mengisi kebutuhan ASN di IKN, pemerintah juga akan memindahkan ASN dari kementerian dan lembaga tingkat pusat.

Presiden Joko Widodo telah menggelar rapat terbatas bersama Menpan RB dan sejumlah menteri lain yang membahas pemindahan ASN ke IKN.

Dalam rapat, Presiden meminta Anas untuk menyusun aturan yang detail soal pemindahan ASN ke IKN.

“Kemenpan RB diminta untuk buat regulasi yang rigid dan detil terkait dengan pemindahan (ASN ke) IKN yang akan dilakukan dalam waktu dekat,” cetus Anaz.


Like it? Share with your friends!