Warga Pembar, Gudang Pengolahan Kelapa di Sungai Pinyuh Terbakar


Mempawah (radar-kalbar.com)-Gudang milik PT Kalimantan Kelapa Jaya (PT KKJ) terletak di Desa Nusapati, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah terbakar, Senin (1/7/2019).

Kejadian itu membuat warga setempat gempar. Setelah dikejutkan dengan suara keras alarm tanda bahaya, adanya kebakaran yang berasal dari perusahaan pengolahan kelapa itu berbunyi.

Melansir suarakalbar.co.id, seorang warga Fauzi (37) mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 10.30 Wib, awalnya dirinya sedang melintas menuju Sungai Pinyuh.

Namun sesampainya di Nusapati pandanganya tertuju pada area pabrik PT KKJ. Dimana pada bagian atapnya terlihat mengeluarkan asap putih agak kehitam hitaman mengepul tak seperti biasanya.

Melihat kejadian tersebut dirinya pun berhenti disekitar jalan raya Nusapati sambil melihat peristiwa tersebut,tak lama kemudian terdengar suara alaram tanda adanya bahaya kebakaran.

“Terlihat ada beberapa pekerja yang berteriak, kebakaran – kebakaran,”terangnya.

Bangunan yang terbakar yakni gudang produksi minyak kelapa.

Kapolsek Sungai Pinyuh, AKP Sandhy WG Suawa, SP, S Ik memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun kerugian materil belum bisa dihitung.

“Hingga saat ini, belum ditemukan adanya korban jiwa. Kerugian materil belum dihitung oleh pihak perusahaan,” terangnya.

Diterrangkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu pihaknya mendapatkan laporan adanya kebakaran di PT KKJ.

Petugasnya pun langsung menghubungi Badan Pemadam Api Sungai Pinyuh (BPASP) untuk segera menuju ke TKP dan memadamkan api.

“Ada tiga unit mobil pemadam kebakaran yang diberangkatkan ke TKP kebakaran,” ujarnya.

Sampai di lokasi, bagian dalam gudang sudah terbakar. Kobaran api semakin membesar akibat membakar karung-karung yang berisi bungkil kelapa kering.

“Petugas BPASP juga dibantu para karyawan PT KKJ berusaha keras untuk memadamkan kobaran api. Kurang lebih 1 jam berlalu, api berhasil dipadamkan,” paparnya.

Dari penyelidikannya, Kapolsek mengungkapkan, pihaknya menduga kebakaran dipicu arus pendek listrik yang terjadi di gudang press bungkil PT KKJ itu sendiri.

Arus pendek itu menyebabkan percikan api dan melalap tumpukan bungkil-bungkil kelapa kering yang ada di dalam gudang.

“Kami menemukan karung-karung berisikan tumpukan bungkil kelapa kering di sekitar TKP yang terbakar,” ujarnya.

Seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut dalam kondisi selamat.

sumber : suarakalbar.co.id
editor : admin/red


Like it? Share with your friends!