Kapolda Kalbar : Jelang Pilkada Peran Media Sangat Penting Bangun Opini Publik yang Positif


FOTO : Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto saat bersilaturahmi dengan para pemilik dan awak media, berlangsung di Hotel Mercure Pontianak [ist]

redaksi – radarkalbar.com

PONTIANAK – Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto mengatakan peran media sangat penting dalam membangun opini publik yang positif dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

“Pada era digital ini, kita dihadapkan dengan fenomena viral force, yakni fenomena kecepatan penyebaran sebuah informasi melalui platform digital yang telah membawa dampak luar biasa, baik secara positif maupun negatif,” ungkapnya saat silahturahmi kamtibmas bersama awak media, berlangsung di Hotel Mercure, Selasa (1/10/2024).

” Informasi yang menyebar secara cepat dapat membentuk persepsi publik dalam waktu singkat. Dan menciptakan reaksi sosial yang signifikan. Maka, Disinilah pentingnya kita semua, terutama peran media dan rekan-rekan wartawan, untuk
menyadari tiap informasi yang
disebarkan memiliki kekuatan besar dalam memengaruhi opini publik,” sambung Kapolda.

Kegiatan ini digelar Bidang Humas Polda Kalbar, dan mengusung tema “Sinergitas Polda Kalbar bersama media guna mengelola informasi yang aktual, faktual dan terpercaya dalam rangka terwujudnya Harkamtibmas serta suksesnya Pemilukada 2024 yang aman dan damai.”

Kapolda menambahkan untuk menghadapi tantangan ini, diperlukan sesuatu yang disebut “waves of truth atau gelombang kebenaran”.

“Nah, Di tengah arus
informasi yang begitu deras, waves of
truth ini adalah upaya kolektif untuk
memastikan kebenaran selalu menjadi pusat pemberitaan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan sejumlah isu terkini terkait kamtibmas di wilayah Kalbar serta upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Polda Kalbar dalam mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan dalam situasi Pilkada 2024 ini.

“Media memiliki peran yang sangat strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu, sinergitas antara Polri dan media dalam Pilkada ini sangatlah penting untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif,” tegasnya.

Saat itu, diisi dengan diskusi interaktif antara Kapolda Kalbar dan para awak media. Momen itu, para wartawan menyampaikan berbagai pertanyaan terkait isu-isu aktual yang tengah menjadi perhatian publik.

Sementara, Kabidhumas Polda Kalbar, Kombespol Raden Petit Wijaya menyampaikan kegiatan ini bertujuan memperkuat sinergitas antara Polri dan media massa dalam menjaga kamtibmas serta menyukseskan Pilkada 2024.

“Nah, melalui kegiatan ini, sinergitas antara Polri dan media dapat semakin terjalin dengan baik. Sehingga, informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat lebih akurat, objektif, dan membangun, Sehingga dalam rangka Pilkada 2024 ini saling bekerjasama untuk menciptakan suasana kondusif melalui pemberitaan media cetak dan media online,”pungkasnya.[SrY/r**]


Like it? Share with your friends!