Dikbud Sekadau Konsen Kembangkan Kebudayaan, Frans Dawal : Kita Apresiasi Kepanitiaan PGD


FOTO : Momen Kadis Dikbud dan panitia PGD ke -XIII Sekadau menggelar konferensi pers [doni]

Doni – radarkalbar.com

SANGGAU – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Kabupaten Sekadau, Fran Dawal mengapresiasi kepanitiaan Pekan Gawai Dayak (PGD) Tahun 2024.

” Atas nama Pemkab Sekadau, saya sangat apresiasi kepanitiaan gawai Dayak tahun 2024. Dimana sub suku tuan rumah adalah Dayak Ntuka,” ungkapnya.

“Untuk itu, kebudayaan sudah kami terapkan juga di sekolah-sekolah bahkan ke anak-anak kita,” ujarnya.

Dikatakan, secara teknis, PGD Sekadau belum menjadi event daerah. Namun kedepannya PGD akan dijadikan sebagai event daerah

“Harusnya Dayak sama seperti Bali, melihat Kalbar ini luar biasa ketika ada gawai. Itu sebenarnya sangat penting bagi kita untuk berkreasi dan ada efeknya untuk kemajuan daerah,” tuturnya.

“Tahun ini adat Dayak Ntuka. Nah kita tonjolkan adat istiadat dan budaya, serta ciri khasnya. Maka harus packing dan kemas benar-benar. Pelestarian adat budaya ini penting bukan hanya adat Dayak tetapi adat Melayu, China dan lain-lainnya. Jadi kami konsen terhadap kebudayaan di Kabupaten Sekadau,” paparnya.

Pelaksanaan PGD Sekadau tahun ke tahun tetap semakin ditingkatkan.

” Kita bisa mencapai tahap promosi luar biasa. Nah, melalui DAD kita bisa usulkan, seperti kerajinan tangan dan kuliner yang bisa dipromosikan. Jangan pula orang luar klaim punya kita. Kan begitu,” pungkasnya.


Like it? Share with your friends!