Rawat Sinergisitas, Bawaslu Sanggau Ajak Wartawan Ngopi Bareng


FOTO : para wartawan dari berbagai media berpoto bersama dengan Ketua dan Komisioner Bawaslu Sanggau, usai ngopi bareng [IST]

Pewarta : Basilius Tera | Editor : Sery Tayan

SANGGAU – Jarum jam baru saja menunjukan tepat pukul 8.45 WIB, pada Senin (9/7/2024). Tiba-tiba satu persatu wartawan dari berbagai media, mendatangi Kantor Bawaslu Kabupaten Sanggau, yang terletak di bilangan Jalan Sudirman.

Tak seperti hari biasanya, jika pun ada peliputan atau mau mewawancarai Komisioner Bawaslu Sanggau tersebut. Namun, tidak datang ramai-ramai demikian, paling hanya beberapa orang saja.

Usut punya usut, kedatangan para awak media ini, untuk menunaikan hajat tuan rumah Bawaslu Sanggau, yang mengundang untuk ngopi bareng.

Kedatangan para awak media ini, disambut hangat sejak mulai dari depan pintu. Hingga dipersilakan untuk masuk ke ruangan rapat utama, yang tata letak meja bundar, serta kursi nya berhadapan.

Ngopi bareng Bawaslu Sanggau dan awak media itu mengusung tema “Efektivitas Publikasi dan Pemberitaan Menangkal Informasi Hoaks Selama Tahapan Kampanye Pemilu 2024”.

Momen ngopi bareng itu, dihadiri Ketua Bawaslu Sanggau Septiana Ika Kristia, didampingi Komisioner Bawaslu Saparudin dan koordinator Sekretariat Amin Syukur.

Lantas, dari awak media tampak hadir Ketua Ikatan Wartawan Sanggau (IWAS) Julianus Ratno dan pengurus lainnya. Kemudian, pengurus Aliansi Jurnalis Sanggau (AJS). Selanjutnya, pengurus Persatuan Wartawan Kabupaten Sanggau (PWKS).

Pada momen yang berjalan penuh keakraban dan santai tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Sanggau, Septiana Ika Kristia meminta para awak media membantu menekan dan meminimalisir informasi dan pemberitaan yang tidak benar selama tahapan pemilu serentak 2024.

Ia juga mengatakan akan membuat group mitra Bawaslu Sanggau, agar lebih mudah berkomunikasi, berbagi informasi.

“Tahapan pilkada serentak terus berlangsung. Kami berharap rekan-rekan media membantu untuk menekan penyebaran berita hoaks,” ungkapnya.

“Kita akan membantu group whatsApp. Dan akan kita isi dengan pemberitaan tentang tahapan pemilu serentak 2024,” sambungnya.

Terpisah, Ketua IWAS, Julianus Ratno mengatakan organisasi yang dipimpinnya, siap untuk mendukung Bawaslu Kabupaten Sanggau. Khususnya saat menghadapi Pilkada serentak 2024.

“Kita bermitra dengan Bawaslu Kabupaten Sanggau. Jadi jalinan kemitraan ini, tentunya tetap kita jaga, demi suksesnya pilkada serentak pada tanggal 27 November mendatang. Kami dari IWAS siap mendukung Bawaslu Sanggau, sesuai dengan tupoksinya pers,” tegas pria asal Simpang Tanjung, Kecamatan Tayan Hulu ini.


Like it? Share with your friends!