Warga “Menyemut” Saksikan Malam Pertama Lomba Pentas Seni Gawai Dayak Nosu Minu Podi ke – XX


FOTO : Lomba pentas seni tarian kreasi Dayak di panggung hiburan Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi ke – XX di Rumah Betang Dori’ Mpulor, Desa Sungai Mawang, Kecamatan Kapuas [basilius tera]

Basilius Tera – radarkalbar.com

SANGGAU – Ribuan orang “menyemut” memadati lingkungan Rumah Betang Dayak, Dori’ Mpulor kawasan Sungai Mawang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Minggu (7/7/2024) malam.

Kedatangan warga ini, untuk menyaksikan aneka lomba pentas seni, memeriahkan Pekan Gawai Dayak Nosu Minu Podi ke – 20 Tahun 2024.

Malam perdana pentas seni ini, diantaranya menghadirkan lomba tarian Dayak kreasi berdasarkan dongeng dari berbagai daerah dan wilayah yang ada di Kabupaten Sanggau. Untuk lomba ini diikuti 11 peserta dari perwakilan atau utusan masing-masing kecamatan.

Sekilas, tarian kreasi ini menceritakan peristiwa dongeng yang ada di wilayah masing-masing di Kabupaten Sanggau.

Untuk lomba tarian kreasi ini, juara I disabet utusan DAD Kecamatan Parindu, juara 2 utusan DAD Kecamatan Kapuas, dan juara 3 utusan DAD Kecamatan Beduai.

Pada lomba tarian kreasi ini, dewan jurinya masing-masing David Dino Wijayanto.S.Sn, Paskalis.S.Sn dan Gabriel Armando.M.Sn.

“Kita menetapkan para pemenang, dengan sangat objektif dan berdasarkan kriteria – kriteria yang ada. Semua peserta bersaing ketat. Namun, terdapat diantaranya yang terbaik, sehingga bisa meraih juara,” ujar David Dino Wijaya, yang kesehariannya menjabat Kabag Prokopim Pemkab Sanggau.


Like it? Share with your friends!