Gelar Tatap Muka Bersama Warga Desa Merapi, Kapolres Sekadau Ingatkan Hal Ini


FOTO : Kapolres Sekadau, AKBP K Tri Panungko saat melaksanakan pertemuan dengan masyarakat di Desa Merapi (Ist)

Pewarta : Sutarjo

radarkalbar.com, SEKADAU –
Kapolres Sekadau AKBP K. Tri Panungko menyambangi Desa Merapi, Kecamatan Sekadau Hilir, Selasa (31/8/2021).

Usut punya usut kedatangan pria dengan dua melati dipundak didampingi Kasat Lantas AKP Laelan Sukur, Kasat Binmas Iptu Masdar, personel Sat Binmas beserta Bhabinkamtibmas Polsek Sekadau Hilir ini menyampaikan 5 hal penting berkaitan dengan dinamika perkembangan saat ini.

Kegiatan ini, berlangsung di Balai Pertemuan Kantor Desa Merapi dihadiri warga setempat.

Berkenaan dengan pandemi Covid-19, Kapolres Sekadau mengimbau agar langkah pencegahan terus dilakukan, salah satunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Jangan abaikan prokes, kita semua tahu sudah banyak korban akibat keganasan virus Corona termasuk di wilayah Kabupaten Sekadau ini,” ujarnya.

Ditambahkan, vaksinasi merupakan suatu program yang dibuat dalam rangka penanggulangan pandemi demi terciptanya herd immunity atau kekebalan dalam suatu kelompok.

” Bagi yang telah memenuhi syarat dan belum divaksin, kita harapkan kesadarannya untuk mendukung program tersebut, dengan mengikuti vaksinasi sesuai jadwal dan waktu yang telah ditentukan,” pinta nya.

Sementara, terkait karhutla, Kapolres Sekadau mengatakan hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan, salah satunya menyebabkan ISPA. \

Menurut Kapolres, ada beberapa ketentuan atau kaidah yang musti dipatuhi saat membakar lahan seperti tertuang dalam Pergub Kalbar no. 103 tahun 2020.

“Ini penting untuk menghindari kebakaran dan dampak kabut asap, mengingat mayoritas penduduk desa Merapi yang bekerja di bidang pertanian dan perkebunan,” tegasnya.

Kemudian soal wawasan kebangsaan, Kapolres berharap agar keberagaman suku dan budaya tidak menimbulkan konflik dan perselisihan, justru dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa.

Disisi lain, Kapolres mengajak masyarakat untuk menolak suatu paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan yang bertentangan dengan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Selanjutnya, dalam pertemuan tersebut, Kapolres juga menjelaskan pentingnya peranan seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga serta memelihara stabilitas keamanan yang kondusif.

“Keamanan merupakan kebutuhan bersama, untuk mewujudkannya perlu kerjasama yang baik pula. Beberapa arahan tersebut hendaknya menjadi atensi dan disampaikan kembali kepada yang lain untuk menjadi perhatian bersama,” pungkasnya.

Editor : Antonius


Like it? Share with your friends!