Warga Sungai Pinyuh Gempar, Tiga Ekor Buaya Sering Muncul dan Berjemur


Mempawah (radar-kalbar.com) – Dikabarkan ada tiga ekor buaya tiba-tiba muncul dalam beberapan pekan ini di wilayah Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah.

Tak pelak, tepatnya warga Pancasila Laut RT 14/07 Kelurahan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah gempar.

Melansir suarakalbar.co.id, menurut Mardiansyah (46) salah satu warga  mengungkapkan, kemunculan buaya memang sudah sering, hampir setiap hari buaya dapat dilihat dan menjadi tontonan warga, Sabtu (29/6/2019).

“Kira-kira sudah kurang lebih satu bulan buaya tersebut muncul ke permukaan air, bahkan menjemur diri di seberang sungai permukiman warga,”terangnya.

Lebih jauh pria yang biasa disapa, Ian mengatakan semenjak kemunculan buaya tersebut, mereka biasanya mandi di pelantaran, dan biasanya mencelupkan diri untuk berenang di sungai menjadi takut, dan tak berani karena banyak buaya berkeliaran.

“Memang sampai sejauh ini belum ada warga yang digigit buaya,”ujarnya.

Namun rasa ketakutan pasti ada,terlebih apa bila buaya buaya tersebut menampakkan diri.

Ada tiga ekor buaya, yang biasa terlihat dua masih masuk kategori ukuran agak kecil sebesar batang kelapa, mungkin anaknya, namun ada satu ekor yang besar, kemungkinan itu adalah induknya.

“Apabila ada anak buaya pasti ada induknya,”kata dia.

Lanjutnya lagi, sebelumnya kemunculan buaya buaya tersebut memang biasa terlihat dimuara sungai Pancasila yang berbatasan langsung dengan laut.

“Jarak muara sungai dengan lokasi kemunculan buaya saat ini kurang lebih tiga ratus meter, entah kenapa buaya tersebut jadi masuk ke sekitar pemukiman warga. Padahal aktifitas warga disini sangat ramai dengan adanya motor air milik nelayan yang berlalu lalang,” ungkapnya.

Karena itu dirinya sangat khawatir, apalagi terhadap anak-anak yang suka mandi berenang, sebagai orang tua kita sering mengigatkan akan bahaya adanya kemunculan buaya.

“Ya namanya juga anak-anak  mereka masih belum bisa berfikir secara dewasa, karena hal itulah dirinya berharap kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait agar bisa menindak lanjuti permasalahan ini,sebelum adanya korban,” ujarnya berharap.

 

 

 

 

sumber : suarakalbar.co.id/hamzah
editor : admin/red


Like it? Share with your friends!