Tangkal Sebaran Covid-19, Kades Pedalaman Tayan Hilir Bentuk Posko PPKM Mikro Hingga Tingkat Dusun


POTO : Posko PPKM Mikro di Desa Pedalaman, Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau (dok Pemdes Pedalaman).

radarkalbar.com, TAYAN HILIR – Guna sebagai sarana dalam upaya pengendalian dan penanganan pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro.

Pemerintah Desa (Pemdes) Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir membentuk Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga pada enam dusun yang ada di wilayah kedesaan tersebut.Pembentukan Posko PPKM Mikro ini dipimpin Kepala Desa Pedalaman, Sunarto. Kemudian dihadiri Ketua BPD Rudianto, unsur perangkat desa, para kepala wilayah (kawil) dan Babinsa Pedalaman Serda Rudiansyah.

“Kami bentuk Posko PPKM Mikro ini sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro atau di wilayah Desa Pedalaman. Kami melaksanakan dengan pendekatan, komunitas, gotong royong,” ungkap Kades Pedalaman, Sunarto, Rabu (28/4/2021).Menurut Narto,  Posko PPKM Mikro itu dibentuk hingga tingkat dusun, idealnya memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.
Beberapa Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat di Posko PPKM Mikro ini di antaranya Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, penyuluh, pendamping, tenaga kesehatan, relawan, PKK, dan karang taruna serta sejumlah unsur masyarakat lainnya.” Kita melibatkan berbagai unsur. Semangatnya hanya demi untuk pencegahan dan penanganan Covid-19. Sehingga sebarannya bisa terkendali atau ditekan,” pungkasnya.

Kemudian kata Narto, yang tak kalah pentingnya saat ini, perlu kerjasama semua pihak untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Demikian juga kepada masyarakat di Desa Pedalaman diharapkan jangan abai dengan protokol kesehatan (prokes).













Pewarta : Rilis Pemdes Pedalaman
Editor     : Sery Tayan.

Like it? Share with your friends!