Jelang Pilkada, Polres Sekadau Gelar Sejumlah Latihan


FOTO : Personel Polres Sekadau saat mengikuti latihan [ist]

Doni – radarkalbar.com

SEKADAU – Polres Sekadau menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) dan Pengurai Massa (Raimas) serta penggunaan senjata Automatic Grenade Launch (AGL) dan Flash Ball.

Latihan ini, berlangsung di halaman Mapolres Sekadau, pada Selasa (25/6/2024).

Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama, melalui Kasi Humas AKP Agus Junaidi, menjelaskan latihan ini bertujuan untuk mengasah serta meningkatkan kemampuan dan kesiapan personel dalam menghadapi berbagai situasi darurat, khususnya menjelang pilkada serentak Tahun 2024.

“Kegiatan ini meliputi latihan sikap dan gerakan Dalmas dalam pengendalian massa, keterampilan Regu Raimas dalam penggunaan Flash Ball dan AGL untuk mengurai massa, dan penggunaan Water Canon oleh operator AWC. Semua ini dilakukan untuk memastikan personel siap menghadapi situasi darurat,” ungkapnya.

Latihan ini menekankan pentingnya pemahaman dan keterampilan dalam mengelola unjuk rasa serta kesiapsiagaan mental dan fisik personel.

Dalam skenario pelatihan, personel Dalmas dilatih untuk menjaga sikap dan koordinasi tim, sementara Regu Raimas difokuskan pada penggunaan Flash Ball dan AGL untuk penanganan massa.

Selain itu, operator AWC dilatih untuk menggunakan Water Canon dengan efektif dalam situasi yang membutuhkan penguraian massa.

Latihan ini juga memberikan perhatian khusus pada kesiapsiagaan dan respons cepat dalam situasi darurat.

“Kesiapsiagaan Dalmas sangat krusial, terutama dalam menghadapi Pilkada, personel Polres Sekadau harus selalu siap dan siaga untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama menjelang Pilkada Serentak,”pungkasnya.


Like it? Share with your friends!