Lahan Pertanian di Desa Bokak Sebumbun Menjanjikan untuk Genjot Hasil Pangan di Kabupaten Sekadau


FOTO : Kepala DKP3 Sekadau, Sandae sedang memanen padi di Desa Bokak Sebumbun (doni)

SEKADAU – radarkalbar.com

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DKP3) Sekadau, Sandae mengatakan jika berbicara masalah pangan, itu merupakan isu strategis pangan tingkat nasional.

Untuk itu kata Sandae, lahan tidur yang belum disentuh sama sekali mesti dikelola.

“Sampai hari ini Kabupaten Sekadau bisa memperoleh 4,4 ton per hektar dalam 1 tahun. Makanya, lahan tidur mesti dikelola. Nah, jika bicara pangan, memang isu strategis tingkat nasional. Jadi kita berterima kasih kepada kelompok tani, yang konsisten menggarap lahan pertaniannya,” ucap Sandae sela-sela panen padi milik kelompok tani di Desa Bokak Sebumbun, Rabu (21/2/2024).

Terkait panen padi milik kelompok tani tersebut, informasinya hampir tiap hari panen. Maka kedepan wilayah Tapang Perodah ditetapkan menjadi kegiatan agrobisnis, karena cukup luas.

“Untuk akses jalan masuk ke sini, kelompok tani bisa ajukan proposal ke dinas, seperti pengadaan alsintan akan kita benahi kembali, agar menyediakan tronton mini untuk kelompok petani di kabupaten Sekadau,” jelasnya.

Sementara, Kepala Desa Bokak Sebumbun, Klemens Karya Panama mengatakan, Ensibau Bersatu adalah salah satu kelompok tani yang aktif di Dusun Entada.

“Untuk daerah kita ketahanan pangan masih surplus, stok beras tersedia.
Untuk membantu para petani, kepada Pemkab Sekadau, dimohon pertimbangan jalan dan alat pertanian, menimbang potensi disini sangat bagus,” ujarnya.

Ia berharap Pemkab Sekadau mengambil posisi menjadi mitra petani didaerahnya.

” Kami Pemdes mensupport program pemda. Karena 20 % dari DD (Dana Desa) untuk ketahanan pangan, seperti membantu membeli alat penggiling padi, kedepannya bibit dan pupuk untuk petani, serta pembinaan dari PPL,” paparnya. (Doni)


Like it? Share with your friends!