Selama Ops Zebra Kapuas 2022, Polres Sanggau Temukan Ratusan Pelanggar


POTO : Kasat Lantas Polres Sanggau Iptu Yunita Puspita Sari (Ist).

SANGGAU – RADARKALBAR.COM

Pewarta : Tim liputan/Sery Tayan

SATUAN LALU LINTAS (Satlantas) Polres Sanggau memberikan teguran tertulis kepada 238 pelanggar selama berlangsungnya operasi zebra Kapuas tahun 2022 yang digelar 2-16 Oktober 2022.

“Penindakan ini sifatnya dengan memberikan teguran simpatik dan juga teguran lisan. Karena daripada operasi zebra ini sendiri tidak diperbolehkan untuk melaksanakan tilang bagi daerah yang belum memiliki ETLE. Dan di Kabupaten Sanggau ini belum ada ETLE, jadi kita sifatnya teguran simpatik,”ungkap Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan melalui Kasat Lantas Polres Sanggau Iptu Yunita Puspita Sari, pada Senin (17/10/2022).

Dijelaskan, para pelanggar yang ditemukan, melakukan pelanggaran kasat mata seperti plat nomor tidak dipakai, tak ada spion, tidak pakai helm dan safety belt. Pelaksanaan operasi zebra Kapuas ini difokuskan di Kota Sanggau saja.

Menurut Kasatlantas, terkait daerah rawan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sanggau, salah satunya pada jalur jalan Trans Kalimantan.

“Jalur Trans Kalimantan ini sudah didata kan banyak terjadi kecelakaan lalu lintas. Kemudian ada juga kecelakaan yang terjadi di Entikong,” ujarnya.

Dibeberkan, rata-rata penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah kelalaian dari pengendara. Untuk itulah, diimbau kepada pengendara agar tetap harus selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

“Nah, saat berkendara gunakanlah helm, safety belt atau sebagaimana mestinya kelayakan dalam berkendara. Kemudian kendaraan harus layak. Dan ketika layak kendaraan, inilah maka kenyamanan dan tujuan dari kamseltibcar lantas pasti akan tercapai,” paparnya.

Disinggung angka kasus kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sanggau, dari Januari – Oktober tahun 2022 sebanyak 98 laporan polisi.

“Dari 97 LP ini, satu sudah sampai P21, ada yang dilakukan restoratif justice dan masih ada yang masih ada yang berjalan,” timpalnya.


Like it? Share with your friends!