Perjuangan Berat Personel TNI/Polri, Kawal Kotak Suara dari PPS ke PPK Belitang Hilir


FOTO : Para petugas memikul kotak suara saat melintas di ruas jalan yang terendam banjir (Ist)

SEKADAU – radarkalbar.com

SEBANYAK 45 kotak suara dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Kumpang Bis, akhirnya tiba dengan kondisi utuh, di PPK Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Jumat (16/2/2024) sekitar pukul 16.30 WIB.

Sejatinya, jarak antara Desa Kumpang Bis ke PPK Belitang Hilir hanya sekitar 40 Kilometer (Km) dan bisa ditempuh dengan waktu 45 menit.

Namun, karena cuaca tak mendukung, diguyur hujan, kondisi jalan bukan hanya berlumpur saja. Namun, nyaris tak bisa dilalui karena terendam air.

Menurut Brigadir Endriatno anggota Polri yang bertugas mengawal dan melaksanakan pengamanan TPS di Desa Kumpang Bis mengatakan kotak suara dari TPS ke PPS Desa Kumpang Bis telah tuntas pada Kamis (15/2/2024) sore.

Namun, saat akan melaksanakan pergeseran kotak sebanyak 45 buah tersebut, petugas TNI/Polri, PPS serta pihak terkait lainnya menghadapi berbagai rintangan dan hambatan saat menuju PPK Kecamatan Belitang Hilir.

“Begitu kami mau berangkat, tiba-tiba hujan yang deras semalam hingga pagi hari. Nah, kami bersama yang bertugas di TPS Desa Kumpang Bis bersama personel TNI dan KPPS terpaksa harus menginap di Kantor Desa,” ujarnya.

“Jarak tempuh dari Desa Kumpang Bis ke PPK Belitang Hilir sekitar 40 Km. Hari biasa ditempuh dalam waktu 45 menit. Nah, dikarenakan hujan, kami terpaksa harus bermalam. Mengingat keamanan surat suara menjadi prioritas utama,”terangnya.

Dijelaskan, keesokannya pada Jumat (16/2/2024) sekitar pukul 14.00 WIB siang. Rombongan berangkat membawa kotak suara menuju PPK Kecamatan Belitang Hilir, menggunakan sepeda motor.

Tetapi kata dia, ditengah perjalanan, pihaknya harus memikul kotak suara, dikarenakan jalan terendam banjir sepanjang sekitar 300 meter, terutama di jalur poros kebun kelapa sawit. Dan ketinggian air mencapai 50 centimeter.

“Kami berjalan melalui genangan air agar kotak suara tidak rusak. Bahkan mereka harus memutar ke jalan lain di Desa Menua Prama,” jelasnya.

Selanjutnya, kotak suara juga harus dievakuasi menggunakan tracktor Johndere dari pihak perusahaan untuk melewati jalan yang rusak dan berlumpur.

“Antisipasi kejadian yang tidak diinginkan juga dilakukan Polsek Belitang Hilir dengan menjemput rombongan,” ujarnya.

“Hambatan tersebut dapat dilalui, tepat pukul 16.30 WIB, rombongan petugas TNI-Polri dan PPS tiba di PPK Kecamatan Belitang Hilir, dan kotak suara dalam keadaan aman tanpa kerusakan,” ucapnya.

Sementara, Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, mengatakan pergeseran kotak suara dari PPS Desa Kumpang Bis menuju PPK menjadi pergeseran terakhir.

“Dalam pergeseran kotak suara dari PPS menuju PPK, memang terjadi banyak hambatan. Namun hal itu dapat diatasi dengan baik berkat kesigapan petugas TNI-Polri dan kerjasama dengan KPPS, sehingga kotak suara tiba di PPK dengan aman dan lancar,” tuturnya. (Doni/R**).


Like it? Share with your friends!