Hindari Salah Prosedur Penanganan Unras, Personel Brimob Polda Kalbar Terus Digenjot Latihan


FOTO : personel Brimob Polda Kalbar saat menggelar simulasi penanganan unjuk rasa di lapangan (Ist)

Pewarta/editor : Jonathan/r*

PONTIANAK – radarkalbar.com

GUNA untuk mempersiapkan mental dan kemampuan personelnya dalam menjalankan tugas, Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Kalbar terus melaksanakan latihan secara rutin.

Diantaranya, latihan mengamankan dan menangani aksi unjuk rasa (unras) di lapangan.

Adapun latihan yang digelar kemampuan PHH dan anti anarkis pada masing-masing markas komando jajaran Satbrimob Polda Kalbar.

Latihan kemampuan PHH dan Anti Anarkis yang perintahkan oleh Satbrimob Polda Kalbar kepada jajarannya ini bertujuan untuk mengantisipasi kesalahan prosedur yang berujung pada pelanggaran HAM pada saat mereka melakukan penindakan mengamankan aksi unjuk rasa di lapangan.

Selain itu dilaksanakannya kegiatan latihan ini adalah untuk menyamakan presepsi sehingga pada saat bertindak di lapangan. Sehingga nantinya mereka sudah siap dan tidak ragu akan tugas dan tanggung jawab didalam regu maupun kompi PHH dan Anti Anarkis.

Komandan Satuan Brimob Polda Kalbar Kbp M. Guntur, S.I.K., M.H.menekankan kepada para komandan pada masing-masing jajaran Satbrimob Polda Kalbar untuk menunjuk personel yang betul-betul berkompeten untuk menjadi instruktur pada saat latihan.

Kemudian, memerintahkan kepada para komandan untuk mendampingi personel pada saat pelaksanaan latihan.

“Saya perintahkan kepada masing-masing komandan untuk menunjuk personel yang benar-benar berkompeten untuk menjadi instruktur. Sehingga personel nantinya tidak hanya menguasai praktek melainkan juga mengetahui dasar mereka bertindak sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Korps Brimob Polri tentang penanganan aksi unjuk rasa di lapangan,” ungkapnya.

“Kalian para komandan juga harus dampingi personel kalian mengingat sebentar lagi kita akan memasuki tahun politik jadi tidak menutup kemungkinan kalian juga nantinya akan turun untuk memberikan komando kepada personel kalian di lapangan nantinya,” sambung Guntur.


Like it? Share with your friends!