Pengerjaan Proyek Jalan Desa Parit Banjar – Bakau Besar Darat Diduga “Asal-asalan”


FOTO : Kondisi proyek Jalan Desa Parit Banjar – Bakau Besar yang telah mengalami kerusakan [hendy fratama]

Hendy Fratama – radarkalbar.com

MEMPAWAH – Pengerjaan proyek rekonstruksi Jalan Desa Parit Banjar – Bakau Besar Darat, Kabupaten Mempawah terindikasi dikerjakan “asal-asalan.”

Diketahui, paket proyek ini dengan pagu dan senilai Rp.24.678.000.002, dianggarkan melalui APBD Kabupaten Mempawah, dengan pelaksana PT. Adian Teknik Natama.

Pantauan di lokasi proyek tersebut pada Senin (12/08/2024), terlihat barau jalan telah mengalami banyak keretakan hingga patah/minim quality.

Padahal, sangat disayangkan, barau yang merupakan penentu kualitas dan ketahanan jalan, yang hendak dibangun tersebut justru terlihat asal jadi pengerjaannya.

Saat berkomunikasi kepada rekan pelaksana, Ia menyebutkan hal itu terjadi akibat pemadatan jalan dari kegiatan proyek tersebut.

“Nunggu selesai pemadatan Bang baru diservice,” ucapnya

Sejatinya, dalam dunia konstruksi dinding penahan tanah (retaining wall) berfungsi untuk menahan gaya tekanan aktif lateral tanah (Active Lateral Force Soil) maupun air, yg artinya harus dibangun dengan kualitas terbaik.

Namun berbeda dengan fakta dilapangan dalam kegiatan proyek tersebut, hal itu berpotensi menjadi penyebab keruntuhan tanah sehingga tidak menutup kemungkinan badan jalan cepat rusak serta menjadi suatu kerugian negara.

Sementara, saat dikonformasi pada Bidang Bina Marga (BM) Dinas PUPR Mempawah tampak enggan memberikan komentar.

“Kawan-kawan BM bilang langsung ke kantor saja bang,” jawab salah seorang pegawai PUPR Mempawah.


Like it? Share with your friends!