DLH Sekadau Gelar Konsultasi Publik Soal Ini


FOTO : Momen berpoto bersama yang menghadiri dan mengikuti kegiatan DIKPLHD [ist]

Doni – radarkalbar.com

SEKADAU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sekadau menggelar konsultasi publik penetapan isu prioritas strategis dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup Daerah (DIKPLHD) tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung TP PKK, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Rabu (12/6/2024).

Hadir saat itu, Asisten I Sekda Sekadau Hironimus. Kegiatan ini menghadirkan nara sumber dr Martinus Samsudin dari LKP Praja Laksana Bandung serta diikuti 60 peserta.

Beberapa isu strategis LH yang perlu didata lokasinya, yaitu kebakaran dan degradasi hutan dan lahan, pengelolaan sampah, banjir, alih fungsi lahan, pencemaran sungai, perubahan iklim, longsor, dan sebagainya.

Asisten III Sekda Sekadau, Sapto Utomo mengungkapkan faktor penentu untuk memenuhi hak dan kewajiban dalam perlindungan, engelolaan lingkungan hidup adalah data tersedia dan informasi untuk seluruh pihak

“DIKPLHD dilakukan secara terpadu terkoordinasi dan wajib dipublikasikan kepada masyarakat, kita hari ini lebih fokus kepada penetapan isu prioritas, isu pertama yang berkualitas untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah, paling banyak 5 dan paling sedikit 3 berdasarkan tren indeks dalam 5 tahun,” paparnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Apeng Petrus mengatakan, penyaringan isu strategis melibatkan lembaga swadaya masyarakat, perguruan tinggi dan stakeholder.


Like it? Share with your friends!