Prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Gagalkan Upaya Penyeludupan Mobil Mewah


FOTO : Prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns menunjukan plat mobil mewah jenis Toyota Land Cruiser VX 80 asal Malaysia yang berhasil diamankan (Ist)

Pewarta/sumber : Tim liputan/Dispenad

radarkalbar. com, JAKARTA – Upaya ppenyeludupan satu unit mobil mewah jenis Toyota Land Cruiser VX 80 asal Malaysia berhasil digagalkan prajurit Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns.

Mobil mewah ini diamankan saat akan melintas di Pos Koki Jagoi Babang, tepatnya di daerah Segorong, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, pada Sabtu (11/9/2021) sekitar pukul 22.00 WIB.

Saat pengamanan mobil mewah itu, prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dipimpin oleh Dan SSK II Koki Jagoi Babang Lettu Inf Oki Abri Maestro, bersama personel tim tindak Bea Cukai Kanwil Kalbagbar.

Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis Entikong, Kab. Sanggau pada Minggu (12/09/2021) menerangkan penangkapan ini bermula dari informasi masyarakat menyebutkan telah melintas satu unit mobil Toyota Land Cruiser VX 80 dari arah Malaysia masuk ke Indonesia, melalui kebun sawit di Jalan Negara daerah Jagoi Babang.

“Kemudian Dan SSK II Koki Jagoi Babang menindaklanjuti secara cepat dengan menghubungi Tim Tindak Bea Cukai dan melakukan patroli bersama penyisiran dan pengejaran dari Kecamatan Jagoi Babang sampai dengan Kecamatan Seluas,” ungkapnya.

Menurut Dansatgas, tepat di daerah Segorong, Kecamatan Seluas didapati mobil dimaksud yaitu jenis Toyota Land Cruiser VX 80. Kemudian oleh personel Satgas Pamtas dan Tim Tindak Bea Cukai dihentikan secara paksa dan mobil berhenti dengan kondisi mesin masih menyala. Kemudian, pintu sebelah kanan terbuka. Namun sopir berhasil melarikan diri.

“Untuk saat ini barang bukti satu unit mobil Toyota Land Cruiser VX 80 telah telah diserahkan kepada Kantor Bea Cukai Kanwil Kalbagbar untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan seorang pelaku yang melarikan diri namanya sudah dikantongi dan masih dalam proses pencarian,” ucap Dansatgas.

Pihaknya kata Dansatgas, akan meningkatkan dan memperketat pengawasan di sepanjang jalur perbatasan RI-MLY.

Kemudian, Dan SSK II Koki Jagoi Babang, Lettu Inf Oki Abri Maestro mengatakan keberhasilan Satgas Pamtas menggagalkan penyelundupan mobil asal Malaysia ini hasil sinergitas yang baik dengan instansi CIQS yang ada di perbatasan.

“Kemudian, juga karena hubungan yang baik dengan masyarakat sehingga didapatkan informasi tentang adanya kegiatan ilegal di perbatasan,” ucapnya.

Tempat yang sama Kepala Kantor Bea Cukai Jagoi Babang, Junanto Kurniawan mengatakan mobil ilegal tersebut akan disita oleh Bea Cukai. Selanjutnya akan dilelang oleh negara, dan untuk pelaku penyelundupan tetap akan dicari oleh aparat terkait.

“Hal ini berkat sinergitas yang tinggi diantara instansi CIQS di perbatasan wilayah Jagoi Babang, dan ini penangkapan yang pertama kali di sepanjang tahun 2021,” ucapnya.

Editor : Herman MD


Like it? Share with your friends!