Momen Peringatan Hari Lingkungan se Dunia 2024, PT ICA dan Pemdes Pedalaman akan Gelar Aksi Pungut Sampah Plastik se Desa, Diawali Tanam Pohon Langka


FOTO : Plt Dirut PT ICA, Tayan Hilir, Arief Abidin saat menanam pohon Ulin dalam rangkaian kegiatan penanaman di area PT ICA Tayan Hilir [ sery tayan]

Sery Tayan – radarkalbar.com

SANGGAU – Tiap proses bisnis yang dijalankan PT Indonesia Chemical Alumina (PT ICA) terletak di Dusun Beganjing, Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalbar tidak terlepas dari komitmen yang terus menjaga kelestarian lingkungan.

Dalam komitmennya pada bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT ICA yang merupakan anak perusahaan PT ANTAM Tbk tidak hanya menyumbangkan kemajuan ekonomi.

Tapi berperan aktif dalam menjaga keanekaragaman hayati (Kehati) yang ada dan berada di lingkungan operasional perusahaan.

Buktinya, saat ini PT ICA telah mensupport penataan, pengayaan serta pelestarian sebuah kawasan Kehati seluas 12 hektar, bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Pedalaman dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat.

Kawasan seluas 12 hektar tersebut dilabeli nama Rantau Buloh Park. Kawasan yang berada di bibir Sungai Tayan ini, kondisinya masih terjaga, dan dalamnya ditumbuhi pepohonan endemik, flora dan fauna asli hutan umumnya di wilayah Kecamatan Tayan Hilir.

Terlepas dari itu, terkait momen peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia tahun 2024, PT ICA berkolaborasi dengan Pemdes Pedalaman, selain akan terus melaksanakan progran Kehati di kawasan Rantau Buloh Park.

Namun, akan menggelar aksi yang melibatkan semua warga Desa Pedalaman dalam bulan Juni 2024 ini. Aksi tersebut bertajuk “Desa Pedalaman Bersih dari Sampah Plastik”.

Rangkaian peringatan Hari Lingkungan se Dunia 2024 di PT ICA dimulai dengan penanaman pohon, pada area kebun percontohan perusahaan tersebut, pada Selasa (11/6/2024).

Adapun bibit pohon yang ditanam merupakan kayu yang sudah terbilang langka, diantaranya ulin atau belian serta sejumlah jenis lainnya.

Penanaman pohon ini dipimpin Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) PT ICA, Arief Abidin, didampingi Direktur Keuangan, SDM & CSR Eko Bayu Endriawan.

Tampak hadir para Senior Manager dan Manager di perusahaan yang bergerak pada bidang pengolahan bauksit menjadi chemical grade alumina (CGA) tersebut.

“Saat ini, PT ICA mengelola suatu kawasan hutan Kehati bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalbar. Salah satu tujuannya, agar kawasan Kehati tersebut mempunyai nilai ekonomis kedepannya bagi masyarakat sekitar,” ungkap Plt Dirut PT ICA, Arief Abidin usai melaksanakan penanaman pohon.

Harapan kedepannya kata Arief Abidin, kerjasama tersebut akan mendatangkan keuntungan jangka panjang bagi kedua belah pihak, PT ICA dan masyarakat sekitar. Sehingga fungsi – fungsi hutan dapat di manfaat masyarakat.

“Kerjasama PT ICA dengan masyarakat mempunyai dampak positif jangka panjang bagi kedua pihak. Nah, baik bagi PT ICA dan masyarakat. Tentunya dengan bisa memanfaatkan fungsi-fungsi hutan, maka daya dukung masyarakat kepada PT ICA akan semakin tinggi,” terangnya.

Terpisah, Kepala Desa Pedalaman, Sunarto mengucapkan terima kasih kepada PT ICA dan berharap support dari perusahaan ini, tetap ada atau secara berkesinambungan. Tentu semangatnya agar tetap menjaga kelestarian kawasan Kehati Rantau Buloh Park.

“Momen peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia tahun 2024 ini, Pemdes Pedalaman bersama PT ICA akan semakin memantapkan kerjasama untuk menjaga dan melestarikan kawasan Kehati Rantau Buloh Park,” ujarnya.

Selain itu kata pria yang akrab disapa Mas Kades ini, momen peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia 2024, Pemdes Pedalaman dan PT ICA akan menggelar aksi terkait pembersihan sampah plastik.

“Aksi ini melibatkan semua warga masing-masing RT di Desa Pedalaman. Tujuan kegiatan ini, upaya Pemdes Pedalaman dan PT ICA memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahayanya sampah plastik. Jadi sasaran kita sampah plastik,” pungkasnya.


Like it? Share with your friends!