Saat Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak, Wabup Sintang Katakan Ini


POTO : Wakil Bupati Sintang didampingi sejumlah pihak saat melaksanakan peninjauan pada salah satu TPS (Susi)

radarkalbar.com, SINTANG-Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto melaksanakan peninjauan beberapa TPS, terletak di Kecamatan Sintang, saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, pada Rabu (7/7/2021)/

Diketahui, terdapat 291 desa di 14 kecamatan, pada Kabupaten Sintang menggelar Pilkades serentak.

Tampak mendampingi saat itu, unsur Forkompimda Sintang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD).

Setidaknya ada 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah telah ditinjau Wakil Bupati Sintang dan rombongan, diantaranya TPS 10 Desa Baning Kota, TPS 05 Pasar Rakyat Desa Sungai Ana dan TPS 13 Dusun Makmur Desa Mertiguna, Kecamatan Sintang Kota.

Saat peninjauan tersebut Wakil Bupati Sintang, Forkopimda dan Kepala DPMPD menemui masing-masing KPPS dan melakukan pemeriksaan kesiapan logistik pilkades, mekanisme sistem pengaturan masyarakat yang akan datang melaksanakan pencoblosan guna antisipasi penyebaran Covid-19, kemudian petugas dan pemilih yang sakit atau positif Covid-19, jumlah pemilih pada TPS.

“Ini kita lakukan pengecekan untuk memastikan semua saksi di TPS, KPPS serta Petugas TPS lainya hadir, bukan hanya itu saja kita juga tanyakan bagaimana dengan kesiapan logistik pilkades, terus bagaimana mekanisme sistem pengaturan masyarakat yang datang laksanakan pemilihan antisipasi penyebaran Covid-19, Dari tinjauan hari ini semua saksi yang di TPS hadir ,KPPS, Petugas TPS semua hadir, untuk prokes juga sudah memenuhi syarat, ” ungkap Wakil Bupati Sintang Sudiyanto usai meninjau TPS 10 di lingkungan Baning Kota Sintang.

Sudiyanto mengimbau kepada para KPPS yang dikunjungi untuk selalu menerapkan prokes guna mencegah terjadinya klaster baru akibat dari pelaksanaan pilkades. Akibat dari yang tidak menerapkan prokes sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Sementara Kepala DPMPD Kabupaten Sintang Herkulanus Roni mengatakan pelaksanaan pilkades hari ini juga di pantau secara virtual oleh Kemendagri dihadiri semua unsur Forkopimda.

“Pilkades yang kita gelar hari ini dipantau langsung oleh Kemendagri tadi sudah di jelaskan oleh Pak Wakil Bupati, Pak Kapolres dan Pak Dandim 1205/Sintang ,”ujarnya.

Sejauh ini pelaksanaan Pilkades di Sintang berjalan tertib dan aman dengan menerapkan prokes kesehatan.

“Sampai saat ini belum ada kendala ,pelaksanaan berjalan tertib aman dan lancar serta tetap menerapkan prokes ,” katanya.

Menyoal anggaran Pilkades serentak kali ini sebanyak Rp. 5,4 Milyar dari APBD Kabupaten Sintang, ditambah Rp.10 juta perdesa menggunakan ADD

“Untuk anggaran Pilkades kucuran dana APBD sekitar Rp.5,4 Milayar saja ditambah Rp.10 juta dari ADD masing-masing desa penyelenggara,”bebernya.

Guna memastikan Pilkades berjalan lancar didaerah Pedalaman, menurut pihak TNI/Polri sudah mengerahkan personilnya demikian juga pihak kecamatan juga sudah stand by di lokasi pemungutan suara.

Pewarta : Nduk Susi.


Like it? Share with your friends!