IKSB Kabupaten Sanggau Gelar Tolak Bala “Bakaua” Berharap Covid-19 Cepat Berlalu


POTO : Wakil Bupati Sanggau berpoto bersama saat menghadiri ritual tolak bala “Bakaua” digelar IKSB Sanggau (Ist)

radarkalbar.com, SANGGAU – Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kabupaten Sanggau, menggelar ritual tolak bala ” Bakaua” berlangsung di Aula Hotel Carano Sanggau, Senin (5/7/2021).

Ritual adat tolak bala “Bakaua”, ini diartikan sama halnya dengan bernazar, agar pandemi Covid-19 di Negara Indonesia, khususnya di Kabupaten Sanggau cepat berlalu.

Ritual tolak bala itu, dihadiri Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si dan unsur forkompimda Kabupaten Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau H. Gusti Arman, M.Si, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua IKSB Kabupaten Sanggau Akmal, SE, para perwakilan pengurus organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat asal Sumatera Barat di Kabupaten Sanggau.

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengucapkan terima kasihatas pelaksanaan kegiatan ritual adat tolak bala “Bakaua” ini yang diselenggarakan oleh IKSB tersebut.

“Ini merupakan salah satu dari visi dan misi pemerintah daerah, yang dimana PH-YO ini mendorong agar semua etnis harus mampu mengekspresikan dirinya, baik dari sisi seni budaya dan adat istiadatnya. Oleh karena itu, pada hari ini Padang sudah muncul kalaupun beberapa waktu yang lalu juga yang dimana di tahun-tahun sebelumnya sudah mereka lakukan. Akan tetapi pada hari ini juga secara istimewa ada tampilan khusus yang menjadi kebiasaan-kebiasaan asli masyarakat Sumatera Barat,” ungkapnya.

Dikatakan, yang dimana pada hari ini juga sekaligus mereka bernazar agar pandemi Covid-19 cepat berlalu.

“Mereka (IKSB) bernazar apabila pandemi Covid-19 ini berakhir maka tadi sudah dijelaskan bahwa mereka akan memotong kambing. Nah, ini nazarnya dan harapan kita tentu hari ini mudah-mudahan Tuhan bisa mengabulkan permohonan ini. Dan kita semua berharap melalui ritual adat ini mudah-mudahan bisa terjadi apa yang kita harapkan,” tuturnya.

Pewarta /sumber : Diskominfo.


Like it? Share with your friends!