Puji KWT Lestari Senuruk, Subandrio : Bagus Sekali Ibu-ibu Bisa Mandiri Bantu Ekonomi Keluarga Saat Pandemi


POTO : Wakil Bupati Sekadau berpoto bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Lestari di Dusun Senuruk, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir (ist).

radarkalbar.com, SEKADAU – Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengunjungi demonstration plotting (demplot) Kelompok Wanita Tani (KWT) Lestari di Dusun Senuruk, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Rabu (5/5/2021).

Saat itu, orang nomor dua di bumi Lawang Kuari (julukan Sekadau) melihat langsung proses budidaya pertanian oleh masyarakat setempat.

Sebagaimana diketahui, KWT Lestari membudidaya sejumlah tanaman seperti kangkung, kacang panjang, cabai dan sebagainya.

Wakil Bupati, Subandrio didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Sandae mengapresiasi kegiatan KWT Lestari dalam menjalankan cocok tanam berbagai jenis sayuran.

“Sangat bagus sekali ibu-ibu bisa mandiri membantu ekonomi keluarga ditengah pandemi saat ini,” ujar Subandrio.

Wabup menyatakan, kedepan Pemkab Sekadau berupaya merumuskan bagaimana mensinkronkan petani dengan pasar.

“Tata niaganya kita atur supaya petani tidak pusing memasarkan hasil panen dan disparitas harga tidak terlalu jauh beda. Kita ingin supaya kebutuhan sayur di Sekadau tidak lagi harus suplai dari luar. Kelompok-kelompok inilah yang kita harapkan dapat menjadi penyuplai. Bahkan kalau memungkinkan bisa dioper ke daerah-daerah tetangga,” ungkapnya.

Subandrio memastikan, Pemkab Sekadau akan hadir ditengah-tengah masyarakat. Terlebih, bidang pertanian dan perkebunan merupakan program utama Pemkab Sekadau di masa kepemimpinan Aron-Subandrio.

“Saya harap coba diformulasikan kebutuhan kelompok misalnya pupuk, bibit, pestisidanya melalui kelompok. Supaya pemerintah dapat memberikan bantuan yang tepat sasaran dan tidak mubazir,” pesannya.

Subadrio mengimbau warga yang punya lahan kosong untuk membentuk kelompok tani. Supaya bisa mengajukan bantuan bibit kelapa sawit dan karet.

” Kan kita memberikan bantuan semua berbasis kelompok,” timpalnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Sandae memaparkan kelompok wanita tani sudah berdiri di beberapa kecamatan.

“Kita lihat ini sangat mendukung ekonomi keluarga. Di beberapa tempat malah pembeli sayur langsung datang ke lokasi,” tutur Sandae.

Ia menyatakan, peluang di bidang pertanian dan perkebunan akan terbuka lebar. Terlebih, fokus Bupati dan Wakil Bupati tertuju pada di bidang pertanian dan perkebunan disamping infrastruktur, pendidikan dan kesehatan yang merupakan urusan rutin.

“Kami harapkan setiap panen kelompok buat laporan untuk kita lihat progresnya,” imbaunya.

Pewarta/editor : Sutarjo.


Like it? Share with your friends!