Naiknya Kasus Covid-19 di Sintang, Andy : Akan Laksanakan Riset Soal Penanganan dan Alokasi Dana


POTO : Andi Irsan S PdI, M Si (ist).

radarkalbar.com, SINTANG – Sebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang tinggi sejak beberapa pekan belakangan ini.

Parahnya lagi, trend meningkatnya sebaran Covid-19 ini, dibarengi isyu liar dan menggelinding ditengah masyarakat.

Kondisi ini, menurut salah seorang warga Kota Sintang, Andi Irsan S Pd I, M Si jelas sangat menganggu kondusifitas kehidupan keseharian masyarakat. Dimana warga menjadi resah. Selain itu, pelaku dunia usaha pun lesu. Banyak diantaranya transaksi keuangan batal. Karena diterpa akan ada isyu lockdown dan segalanya.

” Terus terang Bang, soal Covid-19 ini terasa dampaknya oleh masyarakat. Apalagi berkembang isyu dengan banyaknya ditemukan kasus baru Covid-19 di Sintang ini, akan ada lockdown dan sebagainya,” ungkap mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jakarta ini.

Dibeberkan, dirinya sendiri pun merasakan dampak dari adanya berkembang isyu lockdown tersebut.

” Tanah saya udah mau dibeli pengusaha. Eh dengar isyu dan sebaran Covid -19 di Sintang naik terus. Jadi batal, padahal sudah sepakat mau dibayar Rp 750 juta tanah itu. Dan akhirnya investor gagal datang,” bebernya.

Dijelaskan, ini baru pengalaman yang dialami dirinya langsung saat pandemi ini.

” Ini pengalaman saya, belum lagi yang lain,” timpalnya.

Merujuk kondisi saat ini, Andy Irsan yang juga Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sintang mengandeng beberapa ormas dan LSM di wilayah yang berjulukan Bumi Senentang itu, untuk melakukan proses riset lapangan, baik itu terhadap pola penanganan dan strategi yang diambil oleh pemangku kebijakan dalam penanganan Covid-19.

Kemudian akan melaksanakan pemantauan atas program yang sedang dan akan dijalankan, kesesuaian penggunaan atas anggaran yang telah di alokasikan, ketepatan atas penggunaan anggaran.

” Kita akan bersama ormas dan LSM untuk melaksanakan interview langsung terhadap mantan penderita yang di nyatakan positif Covid 19 secara acak, serta pola penanganan atas informasi dan klaim masyarakat terhadap dinas atau instansi teknis terkait proses isolasi oleh satgas maupun pola isolasi mandiri di Kabupaten Sintang,” pungkasnya.

Pewarta : Tim liputan.

Editor : Sery Tayan.


Like it? Share with your friends!