Tim Satresnarkoba Polres Sekadau Bekuk 2 Orang Bandar Narkoba


FOTO : Kasat Resnarkoba saat memberikan keterangan pers [ist]

Doni – radarkalbar.com

SEKADAU – Tim Satresnarkoba Polres Sekadau meringkus 2 orang diduga bandar narkoba Kamis (29/7/2024).

Dari tangan tersangka, tim Satresnarkoba mengamankan 19 gram narkoba jenis Sabu-sabu dan sebuah timbangan digital.

Kedua tersangka ditangkap di TKP berbeda. Jika CR ditangkap saat berada di rumah pada Kecamatan Belitang pada Senin (27/7/2024).

Kemudian seorang berinisial AY diamankan saat berada pada kos-kosan di Gang Cendana, Desa Mungguk, pada Kamis (29/7/2024).

Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama melalui Kasat Narkoba Iptu Robinto dalam konferensi pers, pada Kamis (1/8/2024) membenarkan atas penangkapan terhadap kedua orang tersebut.

Menurut Robinto, penangkapan terhadap CR dan JK, atas informasi dari masyarakat pada Sabtu (27/8/2024) sekitar pukul 4.00 WIB.

Lantas, tim langsung mendatangi TKP sesuai informasi yakni di Dusun Belitang.

“Pada saat itu pelaku sedang melayani pesanan dari rumahnya. Karena dia tidak bisa mengendarai sepeda motor. Modus operandi jika mendapat pesanan pelaku hanya keluar rumah andaikan pemesan mengunakan motor air pelaku cukup mengantar ke jamban di sungai,” terangnya.

Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan BB 19 gram barang Narkoba jenis Sabu-sabu, timbangan elektrik, handphone dan barang-barang lainnya.

“Atas tindakan pelaku dijerat dengan pasal 114 dan 112 ayat 2 UU nomor 35 tentang Narkoba dan dengan ancaman maksimal penjara 20 tahun,” ungkap Kasat.

Dijelaskan dia lagi, Kabupaten Sekadau merupakan tempat transit barang-barang tersebut, dan kebanyakan barang haram tersebut suplai dari Pontianak.

Kemudian kasus kedua dengan pelaku berinisial AY yang saat ini masuk tahap penyelidikan, tersangka AY diamankan bersama seorang perempuan di kos-kosan di jalan Cendana Desa Mungguk pada tanggal 29 Agustus sekitar jam 15.00 wib.

Kronologi penangkapan pelaku, sekitar pukul 10.00 wib petugas mendapat informasi akan ada transaksi Narkoba kos yang dimaksudkan, atas informasi tersebut aparat mencari tau TKP, dan baru sekitar pukul 15.00 Wib sore.petugas berhasil menemukan rumah kos yang dimaksud.

“Benar saja di rumah kos tersebut pelaku dan seorang perempuan berhasil di amankan, ditangan keduanya petugas berhasil menyita BB jenis Narkoba seberat 16.55 gram serta barang bukti lainnya yang mengarah kepada pelaku bahwa pelaku sebagai pengedar,” .

Kepada pelaku kata kasat dikenakan pasal 114 dan 112 Ayat 2 UU nomor 35 tentang Narkotika dengan ancaman 20 tahun penjara.

Kasat menambahkan, saat diamankan para pelaku tidak melakukan perlawanan, dan keduanya sudah masuk daftar target operasi (TO).

Menurut kasat, peredaran Narkoba di Sekadau sudah cukup meresahkan, karena Sekadau menjadi tempat transit barang haram tersebut dari tiga penjuru yakni perbatasan Sintang dengan Malaysia, Entikong Pontianak. Hanya saja sesuai pengakuan para pelaku kebanyakan barang yang beredar di kabupaten Sekadau adalah berasal dari Pontianak.”Dibawa mengunakan sepeda motor, Bus dan mengunakan jasa Kurir,” katanya.


Like it? Share with your friends!