Polisi Terus Dalami Penyebab Terbakarnya 11 Ruko di Desa Parit Baru, Kubu Raya


FOTO : saat kebakaran yang menghanguskan 11 bangunan ruko dua lantai di Kubu Raya (Ist)

KUBU RAYA – radarkalbar.com

SEDIKITNYA sebelas bangunan rumah toko (ruko) terletak di Jalan Adisucipto Kilometer (Km) 9, RT : 004/007, Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar hangus terbakar.

Peristiwa yang menghanguskan ruko permanen dua lantai, dengan luas bangunan 4 meter x 24 meter, terjadi pada Kamis (30/11/2023) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aiptu Ade Surdiansyah membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. Hingga kini Tim Inafis Satuan Reskrim Polres Kubu Raya bersama Polsek Sungai Raya masih melakukan penyelidikan.

” Dari pemeriksaan para saksi-saksi, informasi yang kami dapatkan awal mula asap tebal yang keluar dari atap ruko Raja Karpet. Hal itu diketahui awal oleh saksi berinisial AN yang tinggal di sebelah ruko Raja Karpet. Kemudian AN langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran,” ungkap Ade.

Ditambahkan, saat itu sambil menunggu petugas pemadam kebakaran tiba ke bangunan yang terbakar tersebut, saksi AN bersama warga setempat mencoba memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun, api semakin membesar dan merambat ke ruko di sebelah kanan dan kirinya.

Sekitar pukul 03.00 WIB kobaran api pada enam ruko berhasil di padamkan. Namun ruko selanjutnya, sulit dipadamkan, mengingat ruko nomor 7 dan 8 sebagai gudang penyimpanan elektronik dan oli.

” Kobaran api dapat dipadamkan pada pukul 06.30 WIB atas kerjasama 26 pemadam kebakaran gabungan Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak. Selanjutnya petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan keseluruhan lokasi 11 ruko yang terbakar tersebut,” ujarnya.

Hingga saat ini kata Ade, pihaknya belum menerima informasi adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan berapa jumlah kerugian secara materil.

” Kami dari Polres Kubu Raya dalam hal ini masih melakukan penyelidikan terkait penyebab sumber api yang menyebabkan terbakarnya 11 ruko tersebut. (SrY/ade/rls/red)


Like it? Share with your friends!