Antisipasi Penyalahgunaan Medsos, Polsek Serawai Gencarkan Kampanye Anti Hoax


 

Sintang (radar-kalbar.com)- Kapolsek Serawai Ipda Rahmad Kartono SH,MH menegaskan media sosial selain memberikan manfaat positif.Namun juga memiliki dampak negatif.

“Untuk itu, perlu penanganan serius,sehingga media sosial tidak bisa digunakan untuk menyebarkan haI-hal negatif, seperti ujaran kebencian, berita bohong atau informasi-infomasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ungkap Rahmad.

Mengingat kata Rahmad, saat ini anak muda sudah tidak asing lagi dengan media sosial. Maka, jajaran Polsek Serawai secara aktif melaksanakan kampanye anti hoax di sekolah-sekolah, yang diantaranya pada pelajar di SMA Negeri I.

“Sosialisasi dan kampanye anti hoax ini terus kita galakkan. Khususnya di kalangan pelajar SMA. Sebab,  informasi-informasi tipuan dapat menimbulkan keresahan di masyarakat, sikap kekerasan permusuhan, yang berujung pada adu domba dan memecah belah masyarakat. Tentunya hal ini dapat mengganggu kelancaran program-program pembangunan yang sedang dilakukan oleh pemerintah,” paparnya.

Terlebih lagi tambah Rahmad, pesatnya pertumbuhan penggunaan internet saat ini, jelas tidak semua memberikan manfaat positif dan ada juga dampak negatif. Salah satunya adalah dengan maraknya penyebaran informasi palsu.

“Nah kita berharap melalui kampanye anti hoax ini, khususnya bagi pelajar, tentu dengan harapan sebagai penerus masa depan bangsa, mereka dapat memahami dan menggunakan internet. Khususnya media sosial, secara benar dan bijak. Sebab, generasi muda terutama pelajar sangat rentan menjadi pelaku penyebaran hoax,” bebernya.

Ditambahkan, terlebih lagi beberapa pelaku penyebaran hoax yang berhasil diungkap oleh aparat kepolisian ternyata masih berstatus pelajar. Tentunya hal ini sangat memprihatinkan, karena masa depan bangsa ada di tangan generasi muda. “Upaya kepedulian untuk menghasilkan generasi muda yang bersikap positif dan bertanggung jawab dalam menggunakan media sosial, salah satunya lewat kampanye anti hoax. Jadi kami merasa sangat perlu untuk membantu para pelajar tentang penggunaan media sosial secara positif dan bertanggung jawab sehingga, penyebaran hoax dapat diminimalisir,” ungkapnya mengakhiri.

 

Pewarta  : Rilis Polsek Serawai

Editor    : Sery Tayan


Like it? Share with your friends!