Khawatir Jadi Ganas, Warga Tangkap dan Serahkan Buaya Muara Liar ke Polsek Sungai Kakap


FOTO : Bhabinkamtibmas Sungai Rengas, Aiptu Subarto saat melihat buaya muara liar yang ditangkap warga Sungai Kakap [ist]

pewarta : andika / editor : Mukahai

KUBU RAYA – radarkalbar.com

WARGA yang berdiam di kawasan Parit Kampung Baru, Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar kembali dikejutkan dengan munculnya seekor buaya muara liar.

Khawatir dengan keberadaan buaya tersebut, warga setempat menangkap hewan ganas tersebut, untuk menghindari potensi resiko yang bisa saja terjadi.

Pasalnya, di parit itu warga beraktivitas mandi dan mencuci pakaian maupun lainnya.

Setelah sukses menangkap buaya dengan panjang sekitar 1,5 meter dan berat sekitar 35 kilogram (Kg) tersebut, langsung diserahkan kepada Bhabinkamtibmas Sungai Rengas, Polsek Sungai Kakap pada Selasa (23/4/2024).

Bhabinkamtibmas Sungai Rengas Polsek Sungai Kakap, Aiptu Subarto membenarkan hal itu.

Menurutnya, dari informasi warga dan beberapa saksi-saksi, buaya ini sering muncul di Parit Kampung Baru. Dimana parit tersebut digunakan oleh warga untuk melakukan aktifitas mandi dan mencuci.

“Nah, tujuan penangkapan buaya ini adalah untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bagi warga sekitar,” terangnya.

Sementara, Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aiptu Ade Surdiansyah menjelaskan warga Desa Sungai Rengas berhasil menangkap buaya tersebut pada Senin (22/4/24) pukul 24.00 WIB.

Ade menjelaskan, buaya muara liar tersebut sudah diserahkan ke Petugas Polisi Kehutanan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Barat melalui Kapolsek Sungai Kakap beserta perwakilan dari warga Sungai Rengas.

” Ya, Setelah ditangkap, buaya tersebut diserahkan kepada Petugas Polisi Kehutanan dari BKSDA Provinsi Kalimantan Barat. Tindakan cepat dari warga dan pihak kepolisian ini, untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan masyarakat setempat dari potensi ancaman buaya muara liar yang muncul di area pemukiman warga,” pungkanys.


Like it? Share with your friends!