Kondisi Gedung Serbaguna di Tayan Memprihatinkan, Ini Harapan Warga


Tayan Hilir (radar-tayan.com)- Keberadaan bangunan gedung serba guna yang refrentatif bagi masyarakat di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau saat ini, dirasakan sangat penting.

Mahfum saja, bangunan tersebut tentunya sebagai sarana dan prasarana diantaranya olahraga, kemasyarakatan, pertemuan umum dan beraneka kegiatan lainnya.

Hanya saja, bangunan gedung serba guna milik pemerintah yang ada saat ini terletak berdampingan dengan Pasar Mentari, Desa Kawat, Kecamatan Tayan Hilir, sudah jarang disentuh lagi. Terbilang jarang berbagai kegiatan digelar pada bangunan tersebut.

Hal itu cukup beralasan. Pasalnya, kondisi bangunan sudah tua dan mirisnya lagi sudah didera kerusakan sana-sini. Kerusakan terlihat menggrogoti lantai hingga plafon bangunan.

Halidin seorang warga Desa Kawat menuturkan merujuk dengan kondisi bangunan tersebut saat ini, hendaknya dijadikan acuan bagi Pemkab Sanggau untuk siap menganggarkan, apakah untuk dilaksanakan perehaban atau pembangunan gedung baru. “Jika melihat kondisi saat ini, memang sudah seharusnya dilaksanakan perehaban atau jika perlu dibangun baru,” ujarnya, Senin (20/8).

Sebab kata pria yang akrab disapa Pak Su Kojek ini dengan adanya bangunan gedung serbaguna yang refrentatif dapat dijadikan sebagai wadah, untuk membangun intergrasi fisik maupun fungsi dari komponen sosial masyarakat. Sehingga dapat saling melengkapi, dan menunjang, serta menciptakan lingkungan baru yang harmonis.

“Jelas gedung serba guna yang refrentatif akan memberikan banyak manfaat, seperti acara rapat-rapat, pertemuan, sebagai sarana gedung olahraga, kegiatan kesenian dan kegiatan umum lainnya. Misalnya saja, perpisahan sekolah, resepsi pernikahan dan beragam acara lainnya. Warga pun tidak perlu lagi harus menutup jalan jika kalau ada acara resepsi pernikahan,”papar pria yang terbilang cukup vokal ini.

Pak Su Kojek berharap keinginan masyarakat  Tayan Hilir memiliki gedung serba guna yang refrentatif, hendaknya menjadi perhatian pemerintah.

 

Pewarta : Sery Tayan

Editor    : Sery Tayan

 


Like it? Share with your friends!