Bupati Sekadau Buka Festival Meriam Karbit


FOTO : Bupati Sekadau, Aron S.H berpoto bersmaa usai membuka festival meriam karbit tradisional tahun 2024 [doni]

SEKADAU – radarkalbar.com

BUPATI Sekadau, Aron S.H membuka festival meriam karbit menyambut perayaan Idul Fitri 1445 hijriyah tahun 2024, berlangsung di halaman Keraton Kesuma Negara, Rabu (9/4/2024).

Seremoni pembukaan itu ditandai dengan penyulutan meriam karbit oleh Bupati Sekadau, Aron S.H.

Aron mengatakan Pemkab Sekadau mengapresiasi festival meriam karbit, yang merupakan kearifan lokal.

“Ini kesekian tahunnya, kita laksanakan. Dan masyarakat antuasias dan semangat sejak pertengahan puasa untuk mempersiapkan,” ungkapnya.

Ia mengatakan meskipun ada perbedaan antara sesama. Namun tetap saling menjaga persatuan umat dalam wujud membangun Kabupaten Sekadau yang maju, sejahtera dan bermartabat.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan di kabupaten Sekadau,” pesannya.

Ia berharap dengan festival seperti itu, merupakan upaya untuk melestarikan setiap tahun. Karena tidak begitu banyak daerah lain mengadakan festival tersebut.

“Pentingnya kita mengemas untuk mengundang tamu dari luar. Kita kemas dengan baik kedepannya,” ujarnya.

Menurut Aron, event kali ini agak sedikit besar, di beberapa kecamatan juga bisa datang ke tempat ini.
pelaksanaan bertepatan malam Idul Fitri 1445 hijriyah.

” Budaya seperti ini kedepannya jangan sampai ditelan oleh zaman,” ingatnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Sekadau serta Danramil Sekadau yang turut menjaga perayaan hari-hari besar di Kabupaten Sekadau.

“Selamat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada umat Islam di Kabupaten Sekadau, ini momen kemenangan bagi kita untuk introspeksi diri,”tutupnya.

Hadir saat itu, Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama dan Wakapolres Kompol Riko Syahputra, Danramil Sekadau Hilir, Lettu Hendrikus, Raja Kusuma Negara Sekadau, Pangeran Agung Gusti Muhammad Effendi Sri Negara II, ketua MABM H. Safi`i Yanto, PHBI H. Salim, MABT Harianto

Dalam festival ini, terdiri 7 tim bersaing, kekompakan, untuk memperebutkan piala bergilir Bupati SEkadau, yang sebelumnya dimenangkan oleh Tim Onta Karbit Desa Tanjung. [doni]


Like it? Share with your friends!